Tutup Iklan

Persiapan PTM, Disdikpora Kota Jogja Cek Ulang Sejumlah Sekolah

Disdikpora Kota Jogja menyatakan, semua sekolah telah siap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM).

 Suasana vaksinasi kepada santriawan dan santriwati di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Jogja yang bekerja sama dengan BIN DIY, Senin (30/8/201). (Harian Jogja/Yosef Leon)

SOLOPOS.COM - Suasana vaksinasi kepada santriawan dan santriwati di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Jogja yang bekerja sama dengan BIN DIY, Senin (30/8/201). (Harian Jogja/Yosef Leon)

Solopos.com, JOGJA – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Jogja menyatakan, semua sekolah telah siap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) menyusul turunnya level PPKM di wilayah DIY menjadi level 3.

Saat ini, koordinasi bersama Satgas Penanganan Covid-19 setempat dan sejumlah sekolah tengah dilakukan untuk mempercepat pelaksanaan PTM.

“Seperti yang kita koordinasikan dengan sekolah maka pada hari ini kita mempersiapkan sekolah supaya siap melaksanakan PTM. Sekolah melaksanakan bersih-bersih, koordinasi internal. Me-review lagi sarana dan prasarana yang ada lalu SOP-nya bagaimana. Intinya tetap siap-siap,” kata Kepala Disdikpora Kota Jogja, Budi S. Asrori, Rabu (8/9/2021)

Baca juga: Pemkot Jogja Klaim Testing Covid-19 Capai 185 Persen

Budi mengatakan, sampai saat ini belum ada arahan lebih lanjut dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja. Tentang kapan PTM akan dimulai. Pihaknya akan terus berkoordinasi dan mempersiapkan sekolah untuk melaksanakan PTM. Semua sekolah diklaim siap melaksanakan PTM jika Satgas Covid-19 mengizinkan PTM digelar.

“Dari 165 SD dan 65 SMP/MTs semuanya sudah siap. Sekolah sudah kita verifikasi di Januari, Maret, April lalu. Kita tinggal review dan update data lagi. Apakah sekolah masih seperti dulu kemudian kebersihannya bagaimana. Mengenai pelaksanaannya kapan, itu yang mengumumkan langsung Satgas Covid-19,” ujarnya.

Di sisi lain pemerintah pusat juga telah mengeluarkan surat keputusan bersama (SKB) empat menteri. Soal penyelenggaraan PTM terbatas di masa pandemi. “Nanti akan kita koordinasikan dan kita juga sudah pernah simulasi ya pada April, Mei, Juni lalu. Terkait dengan batas dan jumlah siswa yang masuk pasti ada, pasti masih ada pembatasan,” urainya.

Baca juga: Keren, Tim ITNY Juara 1 Paper Competition Geodefest 2021

Sekolah di Jogja Siap PTM

Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Jogja, Niken Sasanti menyebut, setelah DIY turun level PPKM pihaknya melakukan pengecekan sarana dan prasarana. terutama penunjang proses PTM di masa pandemi. Kebersihan ruang kelas juga diperiksa serta berkoordinasi dengan orang tua murid.

“Dan tentu akan ada skrining untuk anak-anak dalam memastikan mereka sehat dan siap PTM,” katanya.

Baca juga: Pelaku Pencurian di SDN 2 Pucanganom Gunungkidul Mantan Siswa

Vaksinasi kepada peserta didik juga dilakukan. Pihaknya menyebut sebagian besar siswa sudah tervaksin. Namun ada beberapa murid yang tidak memenuhi ketentuan. Seperti usia atau pernah terpapar Covid-19 yang belum divaksin.

Sementara, Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi beberapa waktu lalu menyatakan, vaksinasi yang digelar di sejumlah sentra vaksinasi pelajar juga telah rampung pada 4 September lalu. Cakupan vaksin kepada pelajar bahkan telah mencapai 83 persen.

Selain itu, pihaknya memastikan bahwa para guru, karyawan, dan petugas lain yang bekerja di sekolah juga telah divaksin.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Kerajaan Mataram Islam di Balik Asale Tanah Jawa

Kerajaan Mataram Islam memiliki  peninggalan bersejarah yang menjadi bagian dari kisah tanah Jawa yang tidak terlupakan.

Bacakan Pembelaan, Nani Terdakwa Satai Beracun Sisipkan Pesan Ini

Terdakwa kasus satai beracun, Nani Apriliani Nurjaman, 25, menyampaikan sejumlah permohonan kepada majelis hakim PN Bantul saat membacakan pembelaan, Senin (29/11/2021).

Sempat Longsor, Perbaikan Talud Juminahan Jogja Selesai

Pemerintah Kota atau Pemkot Jogja meresmikan talud yang berada di Kampung Juminahan, Kelurahan Tegalpanggung, Kemantren Danurejan.

Pemkab Kulonprogo Pesimistis Bisa Capai Vaksinasi 10 Persen Tahun Ini

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo sebelut sinkronisasi data warga jadi kendala vaksinasi Covid-19.

Di Tangan Mahasiswa UGM, Belatung Ternyata Bisa Jadi Makanan Kucing

Pakan kucing dari belatung karya empat mahasiswa UGM Yogyakarta ini diberi nama Got Meat. Selain kaya protein, Got Meat juga harganya terjangkau.

Demi Bikin Tarian "Soledo Loano", 3 Kabupaten Ini Harus Kolaborasi

Tarian "Soledo Loano" tercipta hasil kolaborasi Pemkab Magelang, Kulonprogo, dan Purworejo (Gelangprojo). Tarian ini digadang-gadang jadi daya tarik baru wisatawan.

PKL Malioboro Tolak Relokasi, Pemprov DIY: Untuk Kebaikan Pedagang

PKL Malioboro mengaku belum ada sosialisasi terkait rencana relokasi mereka. Sementara Pemprov DIY menuebut relokasi tersebut untuk memberikan kepastian kepada para PKL.

Viral Video Penganiayaan di Jalanan Kota Jogja, Ini Faktanya

Aparat Satreskrim Polresta Kota Jogja mengungkap fakta di balik video tentang penganiayaan atau pengeroyokan di jalanan yang viral.

Paguyuban Kawula Mataram Jogja Deklarasikan Anies Capres 2024

Paguyuban Kawula Mataram Jogja mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden RI pada 2024.

Kantor Manajemen PSS Sleman Dibakar, Ini Ciri-Ciri Pelaku

Kantor Manajemen PSS Sleman dibakar orang tak dikenal saat klub sepak bola itu bertanding di Stadion Manahan Solo.

PSS Sleman Kalah, Kantor Manajemen Dibakar

Kantor Manajemen PSS Sleman atau Omah Sleman dibakar oleh orang tak dikenal saat PSS Sleman melakoni laga kontra Persita Tangerang di Stadion Manahan, Solo.

Diduga Hendak Berbuat Jahat, 15 Remaja Digiring ke Mapolres Kulonprogo

Belasan remaja tanggung diringkus aparat Polres Kulonprogo karena diduga akan berbuat kejahatan jalanan, seperti klitih.

Kampung Flory Sleman Buka Lagi, Punya Wahana Baru yang Asyik Banget

Sejumlah wahana baru disediakan pengelola Kampung Flory Sleman yang bisa bikin pengunjung semakin merasa nyaman.

Kulonprogo Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana, Ini Dasarnya

Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Kulonprogo menetapkan status tanggap darurat bencana hidrometeorologi di wilayahnya menyusul banyaknya kejadian bencana tanah longsor.

Penyu Ditemukan di Pantai Selatan Kulonprogo, Dicek Tim SAR Sudah Mati

Warga di pesisir pantai selatan Kulonprogo kembali menemukan penyu. Penyu tersebut tak bisa diselamatkan dan dikubur di pinggri pantai.