Persiapan PTM, Disdik Solo: Data Ulang Izin Orang Tua
Kepala Dinas Pendidikan Solo Etty Retnowati (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan atau Disdik Solo meminta semua SMP mempersiapkan diri menyambut pembelajaran tatap muka (PTM) Januari 2021. Hingga saat ini Dinas belum menentukan sekolah yang akan menyelenggarakan PTM.

Kepala Disdik Solo, Etty Retnowati mengatakan sekolah diminta mempersiapkan sarana dan prasarana kebersihan/kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu sekolah juga diminta melakukan pendataan ulang izin orang tua siswa.

“Semuanya kami minta untuk mempersiapkan diri [menyambut PTM]. Baik sarana dan prasarananya maupun izin orang tua. Dalam keputusan pemerintah [Menteri Pendidikan dan Kebudayaan/Mendikbud, Nadiem Makarim] berdasarkan SKB [surat keputusan bersama] empat Menteri, anak-anak boleh sekolah PTM kalau ada izin orang tua,” ujar Etty kepada Solopos.com, Senin (30/11/2020).

Rudy Pastikan Jadwal Fungsional Flyover Purwosari Solo Tak Berubah, Tetap 21 Desember!

Meski demikian Disdik Solo belum menentukan sekolah yang akan menyelenggarakan PTM untuk menyusul SMPN 4, SMP Al Azhar Syifa Budi, dan MTsN 1 yang sudah lebih dulu melakukan simulasi selama November.

Namun Etty mengisyaratkan Dinas akan mengutamakan sekolah-sekolah yang telah dipilih oleh pengawas masing-masing menjelang simulasi PTM November lalu. “Kalau dilihat yang paling siap ya yang 23 sekolah itu [yang dipilih masing-masing pengawas]. Ya kemungkinan itu dulu [sekolah yang menyelenggarakan PTM Januari] tapi belum bisa kami tentukan saat ini,” imbuhnya.

Keras! Sanksi Denda Pelanggaran Protokol Kesehatan Sukoharjo Sampai Rp50 Juta

Orang Tua Setuju

Sementara itu, salah satu sekolah yang dipilih pengawas adalah SMPN 15. Kepala SMPN 15 Solo, Iswita Mulyahati mengatakan sudah mendapat arahan dari Kepala Disdik Solo untuk melakukan pendataan ulang izin orang tua.

“Ibu Kepala Dinas sudah dawuh untuk merekap izin orang tua. Ini sudah kami lakukan dan hasilnya, hampir semua orang tua siswa setuju diadakan PTM, meskipun belum ditentukan sekolah mana yang boleh menyelenggarakan,” ujarnya.

November Ada 157 Kasus Covid-19 di Grobogan, Terbanyak Purwodadi

Senada, Kepala SMPN 16 Solo, Sri Wulandari mengatakan pihaknya siap melaksanakan arahan Disdik Solo tentang persiapan PTM Januari 2021.

“Sekolah kami jadi salah satu yang dipilih pengawas untuk simulasi PTM November 2020. Artinya kami dinilai siap menyelenggarakan sekolah tatap muka. Saat itu kami juga sudah melakukan penjajakan izin orang tua. Hasilnya, jumlah orang tua yang setuju dan mengizinkan anaknya PTM jauh lebih banyak daripada yang tidak setuju,” ujar Wulan.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom