Tutup Iklan

Persiapan Pemilu 2019, PAN SOLO Adakan Pencalegan Dini

Persiapan Pemilu 2019, PAN SOLO Adakan Pencalegan Dini

SOLOPOS.COM -

DPD PAN Solo akan membentuk Komisi Pemenangan Pemilu Daerah untuk merekrut dan menyeleksi bakal calon legislatif.

Solopos.com, SOLO - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Solo akan segera membentuk Komisi Pemenangan Pemilu Daerah (KPPD) untuk merekrut dan menyeleksi bakal calon legislatif (bacaleg) yang akan didaftarkan pada Pemilu 2019. Hal itu menjadi tindak lanjut atas hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) PAN Jawa Tengah di Semarang pada Rabu-Kamis (28-29/9/2016).

Sekretaris DPD PAN Solo, Dedy purnomo, mengatakan agenda utama dalam muswil adalah menetapkan target untuk bisa sukses dalam Pemilu 2019. Secara nasional, PAN ingin mendapatkan suara lebih dari 10 persen.

“Untuk parliamentary threshold [ambang batas parlemen] secara nasional, PAN menargetkan dua digit angka. Sekarang kan baru tujuh koma sekian. Kami optimistis dengan mesin partai hal itu akan terwujud,” ujarnya kepada Solopos.com, Jumat (30/9/2016).

Muswil pada Rabu-Kamis mengamanatkan para pengurus DPD untuk menyegerakan proses pencalegan. Langkah pertama adalah membentuk KPPD sebagai wadah menyeleksi para bacaleg.

“Bacaleg yang direkrut bisa kader murni, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang
berkompeten yang punya visi yang sama untuk memperjuangkan masyarakat di bawah
bendera PAN,” terang dia.

KKPD akan melakukan fit and proper test kepada para bacaleg. Hasil penilaian akan menentukan nomor urut pencalegan kelak. Namun, KPPD tak boleh meninggalkan unsur keterwakilan perempuan sebesar 30 persen dalam pencalegan tersebut.

“Misalnya di nomor urut 1,2,3, salah satunya harus perempuan. Begitu juga nomor 4-6 ada yang perempuan,” tutur lelaki berkaca mata tersebut.

Lebih lanjut, PAN masih melihat perkembangan pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu yang saat ini tengah dibahas. Ia menilai ada kemungkinan dikembalikan ke sistem proporsional tertutup. Artinya, lolosnya caleg berdasar nomor urut pencalonan.

Namun, PAN tetap memutuskan proporsional terbuka. Secara teknis, akan ada kesepakatan yang diatur secara internal. DPWPAN Jateng juga membuat kebijakan memberikan reward untuk caleg yang tidak lolos. Penghitungannya menggunakan koifisien perolehan suara.

“Reward itu menjadi tanggung jawab caleg yang jadi. Sedangkan partai akan memfasilitasi.
DPD PAN akan segera menindaklanjuti hasil muswil, termasuk pemberdayaan kepengurusan di tingkat cabang dan ranting. Sehingga nanti tidak terjadi kegagapan dalam proses verifikasi parpol oleh KPU di tingkat masing-masing,” terangnya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.

Nongkrong Berkerumun di Klaten, Siap-Siap Jadi Sasaran Swab Antigen

Pemkab Klaten akan melakukan tes swab antigen terhadap warga yang ketahuan nongkrong berkerumun dan melewati batas jam malam.

Fascino 125, Skutik Berfitur Hybrid dari Yamaha

Pabrikan sepeda motor Yamaha mengeluarkan sepeda motor skuter matik berfitur hybrid pada Fascino 125.

Ikut Rewangan Akikahan, 8 Keluarga di Purbayan Baki Sukoharjo Kena Covid-19

Delapan keluarga di satu perumahan di kawasan Purbayan, Baki, Sukoharjo, terpapar Covid-19 setelah ikut rewangan akikah.

Ketua GP Ansor Solo Dukung Gibran Tutup Lokasi Pendidikan Anak-Anak Pelaku Perusakan Makam

Ketua GP Ansor Solo, Arif Syarifuddin, menyayangkan aksi perusakan makam yang dilakukan oleh anak-anak seusia sekolah dasar.

Tepeng Steven and Coconut Treez Dimakamkan, Instagram Banjir Ucapan Duka

Sebelum dimakamkan, diketahui Tepeng Steven and Coconut Treez itu berjuang melawan corona.

Jangan Kecele! Tempat Wisata di Boyolali Tutup Sepekan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali kembali menutup semua tempat wisata di wilayah Boyolali selama sepekan mulai Selasa (22/6/2021).

Kelelahan Mendaki, Gadis 17 Tahun Asal Solo Digendong Turun Gunung Lawu

Gadis asal Kota Solo, B, 17, terpaksa digendong turun dari Gunung Lawu karena kelelahan saat mendaki bersama rombongannya.

Dari Hajatan Hingga Kerja Bakti, Ini Daftar Klaster Covid-19 yang Masih Aktif di Boyolali

Sejumlah klaster di Kabupaten Boyolali dengan kasus yang cukup besar masih aktif. Klaster itu bermula dari kegiatan warga seperti hajatan hingga kerja bakti.