SOLOPOS.COM - Pemeriksaan kesehatan rutin terhadap awak bus serta kelaikan bus biasa dilakukan di Terminal Bus Pilangsari, Sragen. (JIBI/SOLOPOS/Tri Rahayu)

Pemeriksaan kesehatan rutin terhadap awak bus serta kelaikan bus biasa dilakukan di Terminal Bus Pilangsari, Sragen. (JIBI/SOLOPOS/Tri Rahayu)

SRAGEN — Petugas gabungan Pemkab Sragen memeriksa puluhan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Bus Pilangsari Sragen, Rabu (19/12/2012). Tim gabungan terdiri dari Dinas Perhubungan, Komunikasai dan Informatika (Dishubkominfo), Kepolisian Resor (Polres) Sragen, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen memeriksa kelaikan kendaraan dan kesehatan sopir bus di Terminal Bus Pilangsari Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemeriksaan ini dilakukan terkait persiapan libur panjang Hari Natal dan Tahun Baru 2013. Pemeriksaan kelaikan meliputi kondisi ban, fungsi sistem seperti lampu, pembersih kaca dan lain-lain, masa uji berlaku kendaraan, standar keselamatan darurat. Hasil pemeriksaan tim gabungan menyatakan bus AKAP yang masuk ke Terminal Bus Pilangsari dalam kondisi laik jalan. Hanya beberapa bus dalam kondisi rusak di beberapa bagian, seperti kaca depan pecah, beberapa bus berkarat dan lain-lain.

Selain itu petugas kesehatan dari DKK pun menyatakan mayoritas sopir dalam kondisi sehat dan memiliki kandungan alkohol rendah. Hanya saja, mereka memiliki tekanan darah tinggi. Hal itu dinilai wajar karena jam kerja padat.

“Kami memeriksa kesehatan pengemudi dan surat-surat kendaraan. Kalau ada yang kedapatan mengonsumsi alkohol akan ditindak. Kami juga melakukan sosialisasi kepada penumpang supaya tidak menerima barang-barang dari orang yang tidak dikenal. Tindakan ini dilakukan supaya perjalanan dari pemberangkatan sampai tujuan selamat. Sejauh ini belum ada yang diberikan catatan khusus,” kata Kepala Bidang Pengendalian Operasional, Sukirno, kepada Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya