SOLOPOS.COM - Cawali Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka (kedua dari kiri), mendapat bingkisan berupa lukisan dirinya saat menghadiri deklarasi dukungan di Rumah Habib Hasan Mulachela, Senin (2/11/2020) malam. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Calon wali kota dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka, mendapat suntikan semangat dari ayahandanya, Joko Widodo (Jokowi), dan ibunda, Iriana, menjelang Debat Publik Pilkada Solo, Jumat (6/11/2020) malam, .

Presiden dan Ibu Negara menelepon Gibran untuk memberikan dorongan semangat. “Bapak sudah telepon kemarin malam [Kamis, 5/11/2020]. Pesan bapak agar santai saat debat nanti malam,” ujar Gibran di Pasar Klitihan Notoharjo, Jumat siang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Suami dari Selvi Ananda tersebut mengatakan sang ibunda juga meneleponnya pada Kamis malam. Iriana memberikan dukungan moral agar Gibran bisa mengikuti debat dengan baik.

Selamat! 2 Kelurahan Di Sukoharjo Ini Raih Penghargaan Dari Kementerian Lingkungan Hidup

Ekspedisi Mudik 2024

Sesuai pesan ibunya, Gibran mengatakan kunci agar bisa mengikuti debat Pilkada Solo dengan baik yaitu selalu bersikap tenang. “Pesan dari ibu kurang lebih sama dengan bapak, tidak usah tegang, mengalir saja, dan agar tetap tenang,” urainya.

Soal persiapan mengikuti debat publik, ayah dari Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah tersebut mengaku sudah siap. Gibran sudah menjalani tiga kali simulasi dengan beberapa tokoh dan akademisi Solo.

Pengusaha kuliner itu juga sudah sering blusukan kampung dan bertemu tokoh masyarakat Solo beberapa bulan terakhir sehingga punya amunisi berupa masukan dari masyarakat mengenai masalah perkotaan.

Pantang Menyerah! Meski Usia Sudah 72 Tahun, Sukardi Tetap Semangat Nyopiri Feeder BST Solo-Gentan

Baju Putih

Pada sisi lain, Gibran juga sudah nyekar ke makam sang nenek, Sudjiatmi Notomihardjo, di Plesungan, Gondangrejo, Karanganyar, pada pekan lalu. Ihwal tim pendamping yang akan hadir di lokasi debat debat Pilkada Solo yakni The Sunan Hotel, Gibran mengatakan FX Hadi Rudyatmo akan memimpin tim.

Kehadiran Ketua DPC PDIP Solo yang merupakan politikus kawakan tersebut ia harapkan semakin membuat percaya diri pasangan cawali-cawawali nomor urut 01. “Keluarga saya tidak ada nonton bareng. Nonton sendiri di rumah,” sambungnya.

Sesuai rapat terakhir, Tim Pemenangan Gibran-Teguh bakal mengenakan baju lengan panjang warna putih. Sedangkan untuk penerapan protokol kesehatan mereka akan mengenakan masker selama debat, bukan pelindung wajah.

Raih WTP 5 Kali Berturut-Turut, Pemkab Sukoharjo Dapat Penghargaan Dari Kemenkeu

Untuk alat pengeras suara atau audio pada debat Pilkada Solo nanti, Gibran memilih mik pegang dengan clip on sebagai backup suara. Keputusan itu Gibran sampaikan saat rapat koordinasi dengan KPU Solo, Bawaslu, dan Metro TV yang akan menyiarkan acara debat.

Hadir pula dalam rapat itu pasangan cawali-cawawali nomor urut 02, Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) dan tim pemenangannya. Rapat membahas mekanisme debat, tata cara, tata tertib dan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya