SOLOPOS.COM - internet

internet

SOLO—TNI Angkatan Darat (AD) akan melakukan pameran alat utama sistem senjata—Alutsista di lapangan Monas pada HUT TNI yang akan jatuh pada 5 Oktober, hari ini. Beberapa yang dipamerkan adalah hasil belanja TNI terbaru yang merupakan bagian dari peremajaan alutsista.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

’Dalam rangka ultah TNI ke 67 kita akan pamerkan beberapa alutsista kita yang baru,’ ujar Kepala Staf Angkatan Darat—KSAD Jenderal TNI, Pramono Edhie Wibowo, di Mabes AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (4/10).

Menurut Pramono, selain memamerkan alat-alat yang biasa digunakan oleh AD, pameran ini juga bertujuan agar masyarakat mengetahui apa saja yang dibelanjakan TNI. Hal ini menurutnya agar transparansi tetap terjaga.

’Tujuannya adalah masyarakat mengetahui apa saja alat yang digunakan AD. Lalu membuktikan AD itu dalam anggaran alat-alat apa saja yang dibeli jadi ada buktinya,’ terangnya.  Namun sayang pada pameran ini Main Battle Tank (MBT) Leopard yang selama ini ramai menjadi pembicaraan, tidak akan hadir. Pramono menjelaskan tank berukuran besar urung hadir karena tidak bisa tiba tepat pada waktu HUT TNI.

’Tank itu dikirim pake kapal laut, mungkin tidak bisa terkejar. Tapi saya pastikan di (pameran) Indo Defense akan hadir. Sementara beberapa lain tetap bisa dipamerkan, seperti beberapa rudal jenis baru,’ terangnya.  Menyinggung mengenai kondisi alutsista saat ini dia menyatakan masih perlu ada perbaikan. Terutama senjata-senjata berat.  ’Memang ada yang belum bisa dibuat di dalam negeri. Kita inginnya semua bisa baik, karena renstra peremajaan alat senjata ini hingga 2024,’ ucapnya.

Nah, bagaimana menurut Anda?  Bagaimana persenjataan TNI dibanding negara-negara tetangga di ASEAN?  Sampaikan pendapatan, komentar, dan pengalaman Anda melalui Dinamika 103 edisi Jumat (5/10) pukul 08.10-10.00 WIB dengan mengirim SMS ke 0817444103, 081226103103, atau telepon [0271] 739389, 739367. [SPFM/dtc/ary]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya