SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

FRANKFURT—Suzuki mengadukan pabrikan Jerman Volkswagen ke pengadilan arbitrase internasional. Suzuki melakukan hal itu karena VW tidak mau mengembalikan saham 20 persen yang dimilikinya atas Suzuki.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (25/11), Suzuki melaporkan berkas-berkas mereka ke pengadilan pada Kamis kemarin.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Juru bicara Volkswagen menuturkan pihaknya tetap akan memegang saham Suzuki yang mereka miliki sejak 2009. “Tidak ada aturan hukum yang membuat kami harus menyerahkan saham,” begitu penuturan VW.

Suzuki sebelumnya mengajukan perpisahan dengan VW karena dituding VW melanggar kesepakatan kerja sama.

Kerja sama ini harusnya memberikan akses alih teknologi bagi kedua pihak. VW mendapatkan mobil kecil Suzuki, sementara Suzuki mendapatkan teknologi hybrid dari VW. Namun selama dua tahun ini hampir tidak ada yang bisa didapatkan.

Namun perpisahan ini diyakini tidak akan berpengaruh banyak terhadap VW yang ingin mengembangkan pasarnya di Asia. Tadinya VW berharap Suzuki bisa memberikan teknologi mobil kecil dimana Suzuki merupakan jagonya.(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya