Persedian Air di Waduk Bade Kritis

 

Anak-anak bermain di atas tanah kering dalam Waduk Bade yang terletak di Kecamatan Klego, Boyolali. Foto Diambil Jumat (29/8/2012). (Oriza Vilosa/JIBI/SOLOPOS)

SOLOPOS.COM - Anak-anak bermain di atas tanah kering dalam Waduk Bade yang terletak di Kecamatan Klego, Boyolali. Foto Diambil Jumat (29/8/2012). (Oriza Vilosa/JIBI/SOLOPOS)


Anak-anak bermain di atas tanah kering dalam Waduk Bade yang terletak di Kecamatan Klego, Boyolali. Foto Diambil Jumat (29/8/2012). (Oriza Vilosa/JIBI/SOLOPOS)

BOYOLALI–Persediaan air di Waduk Bade, Klego, Boyolali, dinyatakan kritis. Hal itu terjadi menyusul musim kemarau masih berlangsung dan diprediksi mencapai puncaknya September ini.

Pantauan Solopos.com, Jumat(28/9/2012) permukaan air Waduk Bade surut drastis. Dasar  waduk pada bagian utara dan selatan terlihat jelas. Puluhan sampan yang lazimnya terparkir mengapung di permukaan air tepian waduk, terlihat didaratkan pada dasar waduk.

Penjaga pintu air Waduk Bade, Marji, mengatakan tinggi permukaan air waduk tersebut berada di bawah batas minimal. Marji menjelaskan elevasi ketinggian air terhitung dari atas mencapai 233,95 cm. Padahal, batas minimal elevasi adalah 232,50 cm.

Sementara volume air waduk saat ini, 312.000 m3. Batas minimal volume waduk itu 80.000 m3. Menurutnya, masih perlu diperhitungkan volume sedimen untuk merumuskan total volume air.

“Memang sepertinya volume belum berada di batas minimal tapi kan angka sisa volume air belum dikurangi sedimennya. Volume air kritis akibat kemarau panjang,” tandasnya.

Disinggung mengenai dampak pasokan air sebagai irigasi sawah sekitar waduk, Marji menyatakan sementara debet air Waduk Bade belum mengancam lahan pertanian. Pasalnya, sebagian besar pengguna irigasi waduk tersebut telah melewati masa puncak kebutuhan air.
“Ada 40 ha lahan pertanian pengguna irigasi tapi mayoritas ditanami padi saat ini berusia 60-65 hari. Prediksi, petani di lahan itu masih bisa menikmati panen,” ujarnya.

Beberapa pekan terakhir, Marji mengaku mengirit alokasi debet irigasi. Rata-rata debet air yang dialokasikan sebatas 62-80 liter/pekan. Alokasi itu tak menjangkau air hingga ke lokasi pertanian. Petani harus menggunakan cara pompanisasi mengambil air dari saluran irigasi.

Oriza Vilosa/JIBI/SOLOPOS


Berita Terkait

Berita Terkini

Hari Pangan Sedunia 2021, Momentum Evaluasi Ketahanan Pangan Indonesia

Selama ini aktivitas manusia dalam mencapai ketahanan pangan sering menurunkan atau menghancurkan habitat alami dan berkontribusi pada kepunahan spesies.

Tegas! Jokowi Beri Waktu 2 Tahun Bagi BUMN untuk Berubah

Selain membangun nilai, Presiden Jokowi juga meminta agar para direksi BUMN memiliki kepercayaan diri dalam berusaha.

Kece Abis, Jip Mini Buatan Santri Jember Ini Bikin Kesengsem

Santri daria dua Ponpes di Jember berkolaborasi membuat mobil jip mini yang bisa dikemudikan.

Indisipliner, Pemain PSIS Semarang Ini Kena Potongan Gaji

Klub Liga 1 PSIS Semarang memberikan sanksi tegas kepada salah satu pemain yang dianggap indispliner.

Airlangga Tegaskan Komitmen Pemerintah Dorong Ekspor Lewat Kebijakan

Surplus perdagangan yang terus terjaga terutama disebabkan karena kinerja komoditas ekspor andalan Indonesia yang terus meningkat.

Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Seorang warga Tasikmadu, Karanganyar, meninggal mendadak saat berbelanja di Pasar Jungke. Korban sempat terjatuh sebelum meninggal dunia.

Tragedi Susur Sungai Sempor Terulang, Tahun Lalu 10 Siswa Meninggal

Tragedi susur sungai yang menyebabkan 10 siswa SMPN 1 Turi Sleman meninggal 1,5 tahun lalu terulang dan menimpa 11 siswa MTs Harapan Baru Ciamis, Jawa Barat, Jumat (15/10/2021).

Sabar Dulu, Pengumuman Hasil Ujian SKD CPNS Sukoharjo Tunggu Ini

Ujian SKD CPNS Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan, namun terkait jadwal pengumuman masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia pusat.

Usia Seks Anak Makin Maju, Beri Pendidikan Seks Sesuai Usia Anak

Majunya usia anak yang melakukan seks tersebut, disebabkan oleh kurangnya edukasi mengenai hubungan seks dan kesehatan reproduksi pada anak.

Korban Tragedi Susur Sungai di Ciamis Dimakamkan, Keluarga: Ini Takdir

Keluarga mengikhlaskan kepergian korban susu sungai, dan menganggapnya sebagai takdir dari Yang Maha Kuasa.

Bukan Makhluk Halus, Polisi Tetapkan Ayah Tiri Madiun sebagai Tersangka

Polres Madiun menahan ayah tiri dari anak perempuan berusia 14 tahun di Madiun yang disebut-sebut pihak keluarga dihamili makhluk halus hingga melahirkan.

Dokter Sarankan Nathalie Holscher Operasi Caesar, Ini Penyebabnya

Ada beberapa alasan mengapa dokter menyarankan Nathalie Holscher jalani persalinan lewat operasi caesar. 

Resmi, Jakarta Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Listrik Formula E

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia.

Efek Hiatus Penulis, Manga One Piece 1029 Terbit 24 Oktober 2021

Di edisi sebelumnya, sang penulis Eiichiro Oda mengumumkan manga One Piece chapter 1029 baru menyapa pembacanya pada 24 Oktober.

Gempa M 4,8 Guncang Bali, 3 Orang Meninggal, 7 Patah Tulang

Tiga orang meninggal dunia akibat gempa yang berpusat di 8 km barat laut Karangasem, Bali, itu.