SOLOPOS.COM - Caretaker Persis Solo, Tithan Wulung Suryata (kiri) dan pemain Persis Solo, Rian Miziar (kanan), dalam press conference sebelum laga melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (13/12/2023) (IST)

Solopos.com, SOLO — Laga Persis Solo menghadapi Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (13/12/2023) pukul 18.00 WIB, menjadi misi wajib poin bagi Laskar Sambernyawa untuk menghindari zona degradasi.

Kedua tim kini membutuhkan kemenangan untuk memperbaiki momentum. Bagi Persis Solo, kekalahan 1-3 dari Arema FC harus segera dilupakan untuk bisa mengamankan posisi dari jeratan zona degradasi.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kekalahan yang sekaligus membuat Leonardo Medina diistirahatkan dan digantikan oleh Tithan Wulung Suryata.

Persis Solo saat ini berada di peringkat ke-15 klasemen dengan 24 poin atau hanya berjarak tiga poin dari Arema FC di peringkat 16.

Persis Solo juga baru mengemas satu kemenangan dari lima pertandingan terakhir.

Sedangkan di kubu tuan rumah Persebaya Surabaya, situasinya tidak jauh berbeda.

Tiga kali berganti nahkoda sepanjang liga berjalan belum memberikan perubahan.

Mereka tidak pernah menang dalam tujuh pertandingan terakhir. Kemenangan Persebaya Surabaya terjadi bulan September 2023 kala menghadapi Arema FC.

Catatan tersebut membuat Persebaya Surabaya berada di peringkat ke-14 atau hanya satu poin di atas Persis Solo dengan raihan poin yang sama.

Di pertandingan terakhir, Persebaya Surabaya bermain imbang menghadapi Persija Jakarta dengan skor 1-1.

Persebaya Surabaya belum terkalahkan saat melawan Persis Solo, dengan catatan empat kali bertemu dua kali menang dan dua kali imbang di semua kompetisi sejak 2020.

Tekad memutus tren buruk tersebut langsung ditegaskan oleh caretaker Persis Solo, Tithan Wulung Suryata.

Ia juga menyebut, sudah sangat siap menghadapi Persebaya Surabaya yang berstatus sebagai tuan rumah.

Persis Solo juga masih bisa diperkuat Jaimerson Xavier karena ini merupakan pertandingan tunda.

“Yang pasti kami sudah mengantisipasinya, kami hari ini mempersiapkan itu dengan baik agar kami lebih siap menghadapi Persebaya Surabaya,” ujarnya dalam konferensi pers sebelum laga, Rabu (13/12/2023).

Mantan pelatih PSIS U-16 ini juga memiliki target untuk pulang dari Surabaya dengan membawa poin.

Untuk itu, Tithan mengatakan tetap memiliki strategi untuk menjaga kebugaran karena hanya memiliki dua hari untuk melakukan pemulihan.

“Kami berusaha mendapatkan poin di sini, recovery kami singkat hanya dua hari. Saya pikir kami hanya menimilasir apa kekurangan kami di pertandingan sebelumnya,” ujar Tithan.

Sedangkan dari sisi pemain, Rian Miziar menegaskan tekadnya untuk bangkit melawan Persebaya Surabaya.

“Saya pikir kami harus melakukan sesuatu, karena di sela-sela waktu pendek, di posisi kami hanya satu strip di atas zona degradasi. Saya pikir saya dan pemain harus berbuat sesuatu melawan Persebaya Surabaya meskipun akan menjadi pertandingan yang sulit. Itu akan menjadi tantangan untuk kami,” ujarnya.

Di kubu Persebaya Surabaya, sang pelatih Uston Nawawi meyakini anak asuhnya akan tampil maksimal sebagai tim.

“Yang jelas pemain asing dan pemain baru Insyaa Allah bisa main, kita akan membuktikan di lapangan. Kita sama-sama dalam kondisi yang kurang baik jadi kita lihat besok. Terpenting kita bisa bermain dengan satu kekuatan tim, untuk kekuatan individual sama saja dengan tim lainnya,” papar Uston Nawawi.

Sementara itu, center back Riswan Lauhin yang menemani Uston dalam sesi konferensi pers mengatakan, ia bersama rekan lainnya sudah bersiap menghadapi kekuatan Persis Solo.

Bekal kemenangan dalam putaran pertama di kandang lawan menambah motivasi dan kepercayaan diri.

“Kami fokus untuk pertandingan besok karena laga itu menjadi laga yang sangat penting bagi kami untuk mengangkat performa,” jelas Riswan.

Perkiraan susunan pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3)

Ernando Ari Sutaryadi; Riswan Lauhin, Dusan Stevanovic, Yan Victor, Ahmad Nuri Fasya; Song Ui-young, M. Hidayat, M. Iqbal; Robson Duarte, Bruno Moreira, Paulo Henrique

Pelatih : Uston Nawawi

Persis Solo (3-4-3)

M. Riyandi; Jaime Xavier, Rian Miziar, Diego Bardanca; Sutanto Tan, Muhammad Faqih, Althaf Indie Alrizky, Alexis Messidoro; Moussa Sidibe, Ramadhan Sananta, Sho Yamamoto

Pelatih: Tithan Wulung Suryata

Head to head

Liga 1 2022/2023 (21/12/2022)

Persebaya Surabaya vs Persis Solo, 0-0



Liga 1 2022/2023 (8/4/2023)

Persis Solo vs Persebaya Surabaya, 3-3

Persahabatan (24/6/2923)

Persis Solo vs Persebaya Surabaya, 3-4

Liga 1 2023/2024 (1/7/2023)

Persis Solo vs Persebaya Surabaya, 2-3







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya