SOLOPOS.COM - Marcell Saihaan tampil saat Pesta Keluarga Ertiga di atrium Hartono Lifestyle Mall, Solo Baru, Sukoharjo , Sabtu (11/1/2014). Acara tersebut diselenggarakan PT Solo Indonesia Utama untuk menjalin hubungan kepada pengguna dan konsumen mobil Ertiga. (Ardhiansyah IK/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Persaingan mobil khususnya kelas multi purpose vehicle (MPV) di Indonesia kian sengit. PT Suzuki Indomobil Sales selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) menargetkan mampu menguasi 25% pasar low multi purpose vehicle (MPV) pada tahun ini melalui Ertiga. Dengan capaian tersebut, Suzuki optimistis mampu meraih posisi kedua market share low MVP.

Pameran modifikasi Mobil Ertiga yang dilombakan saat Pesta Keluarga Ertiga di Hartono Lifestyle Mall, Solo Baru, Sukoharjo , Sabtu (11/1/2014). Acara tersebut diselenggarakan PT Solo Indonesia Utama untuk menjalin hubungan kepada pengguna dan konsumen mobil Ertiga. (Ardhiansyah Indra K/JIBI/Solopos)

Pameran modifikasi Mobil Ertiga yang dilombakan saat Pesta Keluarga Ertiga di Hartono Lifestyle Mall, Solo Baru, Sukoharjo , Sabtu (11/1/2014). Acara tersebut diselenggarakan PT Solo Indonesia Utama untuk menjalin hubungan kepada pengguna dan konsumen mobil Ertiga. (Ardhiansyah Indra K/JIBI/Solopos)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Product Development Section Head PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Ismi Saputra, menuturkan pada 2013, pihaknya mampu mencatat penjualan 65.000 unit dengan menduduki posisi ketiga dengan market share 16%. “Kami optimistis mampu menggeser posisi kedua [Xenia] karena selisih [jumlah penjualan] sangat tipis,” ungkap Donny di acara jumpa pers Pesta Keluarga Ertiga di Lubos Coffe, Hartono Mall, Sabtu (11/1/2014).

Donny mengatakan pada tahun ini hanya menargetkan posisi kedua karena kalau untuk menempati posisi pertama, pihaknya masih kalah dalam jumlah produksi. Dia menyampaikan saat ini produksi Suzuki sebanyak 18.000 unit per bulan untuk pasar lokal dan ekspor. Kebutuhan untuk pasar lokal sebanyak 16.000 unit sedangkan sisanya, 2.000 unit, di ekspor.

Pada tahun lalu, Ertiga menyumbang 40% dari total penjualan Suzuki secara nasional. Donny menjelaskan untuk mampu merebut market share 25%, pihaknya harus menjual 75.000-80.000 unit Ertiga.

Menurut dia, pada tahun ini pasar tidak akan tumbuh banyak, bahkan cenderung stagnan. Hal ini karena masyarakat dan investor lebih memilih untuk menunggu pemimpin terpilih karena tidak ingin berspekulasi.

Oleh karena itu, untuk penjualan Ertiga di Solo juga tidak ada peningkatan dalam jumlah tinggi, yakni hanya 100 unit, menjadi 1.150 unit. Sales Area Representative 4W, Stafanus Asiantara, mengatakan pihaknya sengaja tidak agresif dalam menentukan penambahan estimasi.

“Tapi kami yakin pertumbuhan [penjualan] akan positif melalui Ertiga dan Karimun Wagon R,” papar Donny.

Stefanus menyampaikan untuk memenangkan kompetisi, pihaknya telah menyiapkan teknologi produk yang tinggi, peningkatan kualitas tim marketing, siapkan program khusus dan penambahan outlet sebanyak 50 outlet atau sekitar 20% dari total outlet saat ini (254).

Donny menambahkan, pihaknya juga terus melakukan inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, layanan penjualan dan perawatan serta menawarkan komunitas.

Di waktu yang bersamaan, di Hartono Mall juga dilakukan berbagai macam kegiatan Pesta Keluarga Ertiga. Acara yang dimulai dengan konvoi yang diberangkatkan di lima titik di Soloraya ini kemudian berkumpul di Hartono Mall dan dilanjutkan dengan berbagai macam lomba, seperti modification contest, fuel efficient games, photo competition, dan lomba mewarnai.

Acara yang digelar di 35 kota di Indonesia secara simultan ini merupakan bentuk komitmen Suzuki untuk memberikan penghargaan kepada pelanggan setia. Melalui acara tersebut, Suzuki juga menjaring calon pembeli potensial dengan menargetkan SPK sebanyak 15% dari total undangan sebanyak 300 undangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya