SOLOPOS.COM - Pembalap tim Red Bull, Sebastian Vettel, berada di pit saat Grand Prix Formula One Jepang di Sirkuit Suzuka, 13 Oktober 2013. REUTERS/Toshifumi Kitamura/Pool

Pembalap tim Red Bull, Sebastian Vettel, berada di pit saat Grand Prix  Formula One Jepang di Sirkuit Suzuka, 13 Oktober 2013. REUTERS/Toshifumi Kitamura/Pool

Pembalap tim Red Bull, Sebastian Vettel, berada di pit saat Grand Prix Formula One Jepang di Sirkuit Suzuka, 13 Oktober 2013.
REUTERS/Toshifumi Kitamura/Pool

Solopos.com, TOKYO – Tertundanya Sebastian Vettel merayakan gelar juara dunia Formula One (F1) di Grand Prix (GP) Jepang pada akhir pekan lalu tak merisaukan tim Red Bull Racing. Kini mereka fokus memenangi empat balapan sisa di musim ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka merasa tidak kecewa peluang pertama untuk menjadi juara dunia di Jepang tertunda karena seteru terdekat Vettel, Fernando Alonso yang membela panji Ferrari finis di urutan empat. Seharusnya kemenangan di Suzuka cukup memastikan Vettel sebagai juara dunia dengan syarat Alonso finis di luar urutan delapan.

Namun Alonso melintasi garis finis di urutan keempat. Itu berarti Vettel harus menunggu setidaknya hingga balapan selanjutnya di India sebelum dia menggaransi gelar juara dunia. Bos Red Bull, Christian Horner, mengaku memenangi balapan menjadi fokus utama tim ketimbang menyegel gelar juara dunia empat balapan lebih awal sebelum musim ini berakhir.

Di akhir balapan Red Bull sukses mengantarkan Vettel dan Mark Webber naik podium di urutan satu dan dua. “Kami berada di sana untuk berusaha memenangi balapan dan juara dunia akan datang dengan sendirinya,” ujar Horner dilansir eurosport, Kamis (17/10/2013).

“Kami akan pergi ke India dan akan menyerang di akhir pekan itu seperti yang kami lakukan di Jepang. Jika kami mengemas lebih banyak poin ketimbang yang lain, kami akan memenangi kejuaraan ini,” sambungnya.

Vettel telah memenangi lima balapan terakhir namun Horner tak mengabaikan peluang bagi Vettel memenangi empat balapan sisa di musim ini. Namun Horner juga mengaku ingin melihat Webber mengakhiri karier F1 dengan kemenangan.

“Seb memenangi setiap balapan sejak jeda musim panas, itu pencapaian luar biasa. Masih ada empat balapan lagi dan target kami adalah berusaha meneruskan momentum itu hingga balapan terakhir,” kata Horner.

Vettel saat ini memimpin di puncak klasemen pembalap dengan keunggulan 90 poin atas Alonso. Pembalap Jerman itu akan menjadi juara dunia kali keempat beruntun jika finis di urutan kelima atau urutan yang lebih baik pada balapan di India.

Sementara jika Alonso ingin memperpanjang rivalitas, gap dengan Vettel setelah balapan di India harus 74 poin atau kurang agar persaingan berlanjut ke GP Abu Dhabi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya