Perputaran Uang di CFD Sragen Mencapai Rp100 Juta/3 Jam

Diskumindah Sragen mengalkulasi perputaran uang yang terjadi selama di CFD Sragen bisa sampai Rp100 juta dalam waktu tiga jam. Angka itu diperoleh dari perkiraan transaksi 420 PKL yang berjualan di CFD.

 Dua orang pengunjung CFD menunjukkan bibit pohon yang didapat dengan penukaran botok bekas air mineral pada Minggu (12/6/2022) lalu. (Istimewa/Yuniarti)

SOLOPOS.COM - Dua orang pengunjung CFD menunjukkan bibit pohon yang didapat dengan penukaran botok bekas air mineral pada Minggu (12/6/2022) lalu. (Istimewa/Yuniarti)

Solopos.com, SRAGEN — Peredaran uang di area car free day (CFD) di sepanjang Jl. Raya Sukowati dan Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen selama tiga jam diperkirakan Rp80 juta-Rp100 juta. Perputaran uang itu berasal dari transaksi 420 pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di CFD mulai dari simpang empat poslantas sampai simpang empat Terminal Lama.

“Transaksi para pengunjung itu berbeda-beda. Kalau dirata-rata setiap PKL mendapatkan penghasilan Rp200.000 maka peredaran uang yang ada itu mencapai Rp84 juta. Dari perkirakan itu maka peredaran uang di CFD itu diperkirakan antara Rp80 juta-Rp100 juta,” kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Sragen, Cosmas Edwi Yunanto, Sabtu (18/6/2022).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Cosmas menerangkan ada 120 PKL pasar tiban di yang berjualan di CFD. Sementara jumlah PKL CFD Sukowati mencapai 300 orang. Barang yang mereka jual macam-macam.

Semetara itu, dari hasil evaluasi pelaksaaan CFD paa Minggu (12/6/2022) lalu, diputuskan areal depan Kantor Pemkab Sragen dilarang ada PKL.

Baca Juga: Keramaian Tak Merata, Pemkot Solo Atur Ulang Kegiatan Komunitas di CFD

“Di depan kantor Pemkab ini harus steril dari PKL karena depan Pemkab merupakan pusat aktivitas masyarakat, seperti senam, dan seterusnya,” ujar Pelaksana Tugas (Plt.) Asisten III Setda Sragen, Hargiyanto.

CFD juga dimanfaatkan Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan kampanye gerakan mengurangi sampah. Mereka menyediakan bibit pohon untuk ditukar dengan sampah botol bekas.

Fungsional Subkor Pengeloaan Keanekaragaman Hayati DLH Sragen, Janti Wikanto, menyiapkan 100 bibit tanaman di CFD. Satu bibit tanaman itu bisa ditebus masyarakat dengan menukarkan lima buah botol bekas air mineral berukuran 600 ml.

“Untuk botol bekas berukuran 1,5 liter cukup 2-3 buah sudah bisa ditukar dengan bibit pohon. Saat CFD kali pertama, kami habis 50 bibit pohon. Pada CFD Minggu ini disiapkan 100 bibit pohon,” ujar Janti.

Baca Juga: Solo Menyapu & Resik-Resik CFD Angkut 160 Kg Sampah Dibuang Sembarangan

Bibit pohon yang disediakan macam-macam, ada nangka, jambu biji merah, cabai puyang, sawo, mahoni, dan flamboyan. “Stand kami di dekat perpustakaan mobile di depan SMPN 2 Sragen,” ujar Janti.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Makam Jenazah Warga Sragen Dibongkar, Meninggal Tak Wajar?

Jenazah warga Sragen yang diduga meninggal tak wajar diautopsi setelah kuburannya dibongkar.

Sang Legenda! Naik Damar Sasongko Solo-Sukoharjo Serasa Bus Perang

Bus perintis Solo-Jatipuro, Damar Sasongko, merupakan sang legenda di Sukoharjo yang memacu adrenalin penumpang karena serasa menumpang bus perang.

60 Mobil Ikuti Bhayangkara Autoshow di Wonogiri, Ini Keseruannya

Polres Wonogiri menggelar Bhayangkara autoshow yang diikuti 60 peserta mobil modifikasi dari sejumlah daerah di Tanah Air

Baru 6 Hari Dimakamkan, Tim Dokter Polda Jateng Autopsi Warga Sragen

Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama melalui Kanit Pidana Umum Polres Sragen Ipda Setya Pramana mengatakan autopsi ini atas permintaan keluarga karena adanya kecurigaan dan kejanggalan saat meninggal dunia.

Desain Bangunan Pasar Jongke Tak Berubah, Kios Akan Tampak dari Luar

Kepala Bidang Sarana Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan Solo, Joko Sartono menjelaskan kios Pasar Kabangan dan Jongke nanti kelihatan dari jalan.

Nostalgia Naik 7 Bus Legend Rute Solo-Sukoharjo, Sensasinya Hmm Mantap

Deretan bus perintis yang legend di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah sampai saat ini masih cukup eksis meskipun jumlah penumpangnya terus menurun.

Gagal Diraih Solo, Ini Potensi 4 Kota Kreatif Unesco di Indonesia

Kota Solo dua kali gagal meraih predikat The Unesco Creative Cities Network (UCCN) atau Kota Kreatif Unesco. Di Indonesia, terdapat empat kota yang sudah dinobatkan sebagai Kota Kreatif Unesco.

Obati Rindu! CFD Klaten di Jl Mayor Kusmanto Diserbu Warga

Penyelenggaraan CFD perdana di Klaten setelah dua tahun tutup akibat pandemi Covid-19 diserbu warga.

Disebut Tak Punya Bumel, Ini Deretan Bus Kota Legend di Sukoharjo

Masih ingat dengan deretan bus perintis yang legend di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah?

Bulan Bakti IIDI, Bagikan 1.000 Telur untuk Anak-Anak di CFD

Sebanyak 1.000 telur dibagikan dalam rangka Bulan Bakti Ikatan Istri Dokter Indonesia, yang mengusung tema dukung program prioritas nasional cegah stunting.

Warga Banjiri CFD Perdana di Jl. Mayor Kusmanto Klaten

Warga membanjiri kawasan jalan Mayor Kusmanto yang digunakan untuk area CFD.

Round Up Masalah PPDB SMA/SMK di Solo: Zonasi - Manipulasi Bikin Pusing

Sederet masalah mewarnai proses PPDB SMA/SMK di Kota Solo pada tahun ini.

Round Up Remaja Wonogiri Hilang - Hamil, Ayah Bayi Masih Misterius

Sosok ayah bayi dalam kandungan remaja Wonogiri yang hilang setahun lalu sampai saat ini belum diketahui dengan pasti.

Murah Banget! Harga Makanan di Warung Pak Solet Makamhaji Mulai Rp8.000

Harga makanan di warung makan Pak Solet, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, murah meriah, mulai Rp8.000 per porsi.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Bakal Hujan Lama

Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Minggu (3/7/2022), hujan akan turun sejak siang hingga malam.