SOLOPOS.COM - Pengunjung memanfaatkan komputer yang telah tersambung dengan jaringan Internet di Perpustakaan Umum Pacitan, Senin (13/6/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Perpustakaan Pacitan, jumlah pengunjung di perpustakaan meningkat selama tahun 2016.

Madiunpos.com, PACITAN — Jumlah pengunjung Perpustakaan Umum Pacitan selama 2016 meningkat hingga lima kali lipat dibandingkan jumlah pengunjung pada tahun sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat ini, rata-rata pengunjung Perpustakaan Umum itu mencapai 100 orang per hari, padahal sebelumnya hanya 20 orang per hari.

Pantauan Madiunpos.com di Perpustakaan Umum Pacitan yang berada di kompleks pertokoan Pasar Sawo, Pacitan, Senin (13/6/2016) siang, belasan orang yang mayoritas anak-anak berkunjung di perpustakaan kebanggaan warga Kota 1001 Goa itu.

Mereka tidak hanya membaca buku, ada beberapa anak yang memanfaatkan komputer yang telah disediakan pengelola.

Kepala Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Pacitan, Pin Rosiana, mengatakan tingkat kunjungan perpustakaan di Pacitan naik cukup signifikan pada tahun 2016.

Hal ini menjadi salah satu indikator minat baca masyarakat Pacitan telah mengalami peningkatan.

“Padahal pada tahun-tahun sebelumnya, pengunjung perpustakaan itu hanya sekitar 20 orang per hari, tetapi sekarang sudah mencapai 100 orang per hari,” kata dia saat berbincang dengan Madiunpos.com di ruang kerjanya, Senin.

Dia menyampaikan tingkat kunjungan biasanya lebih dari 100 orang pada saat tertentu, seperti ada kunjungan dari sekolah maupun ketika ada kegiatan di sekitar kompleks perpustakaan. Pada periode Janiari hingga Mei 2016, jumlah pengunjung Perpustakaan Umum Pacitan sebanyak 7.114 orang.

“Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan tingkat kunjungan di perpustakaan, tentu dengan berbagai program yang menggerakkan minat baca masyarakat,” jelas dia.

Kasi Perpustakaan Umum Pacitan, Edi Sukarni, menambahkan mayoritas pengunjung yang datang ke perpustakaan adalah pelajar dan masyarakat umum.

Untuk pelajar, biasanya tidak hanya memanfaatkan buku bacaan yang ada di perpustakaan, tetapi juga memanfaatkan fasilitas jaringan internet gratis dan komputer yang disediakan.

Edi menuturkan jumlah buku koleksi Perpustakaan Umum Pacitan sebanyak 25.000 eksemplar dengan berbagai bidang. Dia menyebutkan jenis buku yang menjadi koleksi Perpustakaan Umum Pacitan yaitu buku sosial, buku pengetahuan alam, buku sains, buku agama, hingga buku terapan.

“Sejak perpustakaan berpindah ke kompleks Pasar Sawo, ada kenaikan pengunjung karena lokasinya dekat dengan beberapa sekolah dan pusat keramaian seperti alun-alun,” kata Edi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya