SOLOPOS.COM - Petugas Perpustakaan Umum Kota Madiun melayani seorang pengunjung yang akan meminjam buku, Kamis (11/2/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Perpustakaan Madiun minim pengunjung. Guna meningkatkan kunjungan dan minat baca maka diadakan program pinjam buku berhadiah.

Madiunpos.com, MADIUN — Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Madiun menyelenggarakan program pinjam buku berhadiah buku dan alat elektronik selama 2016. Program ini untuk meningkatkan kunjungan dan minat baca di Perpustakaan milik Pemkot Madiun tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Seksi Pengelolaan Perpustakaan Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Madiun, Susilowati, mengatakan seluruh anggota perpustakaan boleh mengikuti program pinjam buku berhadiah. Program ini dibuka untuk dua jalur, yakni pengunjung umum dan pengunjung lembaga pendidikan.

Setiap pengunjung umum yang telah meminjam buku lima kali di Perpustakaan Umum Madiun ini akan mendapatkan satu kupon yang bisa dimasukkan dalam kotak yang disediakan panitia. Sedangkan untuk pengunjung lembaga pendidikan secara berkelompok untuk satu kali kunjungan akan mendapatkan kupon yang bisa dimasukkan dalam kotak yang telah tersedia.

Ketika sudah mendapatkan kupon, kata Susilowati, pengunjung bisa mengisi kupon dengan biodata diri sesuai petunjuk di kupon. “Jadi setiap pengunjung perpustakaan yang meminjam buku bisa ikut serta dalam program ini. Kalau kategori umum itu untuk pengunjung perorangan, sedangkan kategori lembaga pendidikan itu untuk kunjungan berkelompok. Untuk kunjungan lembaga pendidikan akan dibagi menjadi empat jenjang, yakni SD/MI, SLTP, SLTA, dan perguruan tinggi,” jelas dia saat ditemui Madiunpos.com di ruang kerjanya, Kamis (11/2/2016).

Pengundian program tersebut akan dilakukan dua kali pada tahun 2016, yakni periode Juni dan periode November. Hadiah yang disediakan adalah puluhan buku seharga Rp200.000 hingga alat-alat elektronik. Setiap periode pengundian, panitia menyediakan 25 hadiah.

Lebih lanjut, Susilowati menyampaikan program pinjam buku berhadiah ini tidak berlaku bagi pegawai dan keluarga pegawai Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah.

Menurut dia, program pinjam buku berhadiah ini untuk merangsang minat baca masyarakat dan membiasakan masyarakat untuk datang ke perpustakaan. Dia menuturkan selama ini minat baca di Perpustakaan Madiun belum terlalu tinggi.

Inilah jenis kupon undian yang akan didapatkan pengunjung Perpustakaan Umum Kota Madiun :

  1. Pengunjung umum akan mendapat kupon warna biru
  2. Pengunjung dari lembaga pendidikan yang terdiri dari :
    1. SD/MI akan mendapat kupon warna merah
    2. SLTP akan mendapat kupon warna kuning
    3. SLTA akan mendapat kupon warna hijau
    4. Perguruan tinggi mendapat kupon warna putih

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya