SOLOPOS.COM - Ilustrasi membaca (JIBI/Bisnis Indonesia/Dok)

Buku di perpustakaan di Kota Kediri terus ditambah.

Madiunpos.com, KEDIRI —  Koleksi buku di perpustakaan daerah Kota Kediri akan terus ditambah hingga mencapai target 15.000 judul. Hal itu agar pembaca dengan leluasa mencari referensi judul buku yang dibutuhkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini total koleksi ada sekitar 10.000 judul buku. Kami target bisa 15.000 judul buku dan itu dilakukan secara bertahap,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kediri Dewi Sartika di Kediri, Sabtu (19/8/2017).

Pihaknya juga sudah mengalokasikan anggaran untuk pembelian buku baru namun jumlahnya tidak terlalu besar yakni sekitar Rp75 juta. Anggaran itu untuk pembelian buku-buku umum.

“Buku yang akan kami suplai yang dibutuhkan masyarakat, misalnya psikologi anak serta buku-buku untuk SMA nonpelajaran. Buku itu adalah untuk pengembangan,” ujarnya.

Ia mengakui anggaran yang ada pada APBD 2017 untuk pengembangan minat baca masih sedikit. Untuk itu, ia fokus untuk pembelian beragam kebutuhan guna menumbuhkan minat baca, terutama buku, sedangkan untuk kendaraan, belum dilakukan.

Dewi juga menambahkan saat ini berupaya keras untuk menumbuhkan minat baca anak-anak. Beragam upaya dilakukan agar anak-anak senang dan membiasakan diri dengan budaya membaca. Kegiatan itu misalnya dengan mengadakan acara yang melibatkan berbagai macam unsur, baik budayawan maupun anak sekolah.

Selain itu, ia juga sudah meminta tim yang bertugas untuk perpustakaan keliling berkunjung ke sejumlah titik dengan membawa buku. Mereka biasanya ke sekolah, taman, serta titik-titik lain yang menjadi titik kumpul masyarakat.

“Kami juga keliling setiap hari ke sekolah, taman. Kami juga ada tambahan kegiatan saat hari kunjung perpustakaan dengan kegiatan ke arah pengembangan minat baca,” ujarnya.

Dewi mengaku prihatin jika anak-anak ternyata lebih senang bermain dengan gawai ketimbang membaca buku.

Ia juga berharap, dengan beragam kegiatan serta upaya menambah koleksi di perpustakaaan daerah, akan lebih meningkatkan minat baca, terutama pada anak-anak. Mereka juga bisa lebih berprestasi dan mempunyai pengetahuan yang lebih luas dengan membaca buku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya