Seorang anak membaca buku di Bus Pintar Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kota Madiun yang membuka layanan di CFD Jl. Pahlawan, Minggu (21/7/2019) pagi. (Abdul Jalil-Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN -- Sejumlah anak-anak mengantre masuk ke Bus Pintar Perpustakaan Kota Madiun di area car free day (CFD) Jl. Pahlawan, Minggu (21/7/2019) pagi.

Mereka memilah-milah buku di rak buku Bus Pintar. Bus tersebut hanya bisa dimasuki sekitar sepuluh anak. Faezya dan Sifa terlihat serius mencari-cari buku di rak bus tersebut.

Sifa, 7, salah satu siswi SD asal Pagotan, Kabupaten Madiun, datang bersama orang tuanya di kawasan jalan bebas kendaraan bermotor itu. Seusai jalan-jalan dan menerabas kerumunan ribuan orang, anak perempuan itu mSejumlah anak-anak mengantre masuk ke Bus Pintar Perpustakaan Kota Madiun di area car free day (CFD) Jl. Pahlawan, Minggu (21/7/2019) pagi.engajak orang tuanya melihat koleksi buku di Bus Pintar.

Di dalam bus itu, ia melihat ada ribuan buku dengan ratusan judul yang tersusun rapi di rak. Ia kemudian memilih buku untuk dibacanya secara singkat dan kemudian mengembalikannya lagi ke rak semula.

Selanjutnya, ia kembali memilih buku di rak dan mengambilnya lagi. Beberapa lembar dibaca, setelah itu dikembalikannya lagi.

"Kalau ke CFD biasanya ke sini [Bus Pintar], baca-baca buku," kata anak perempuan itu malu-malu.

Sifa mengaku senang bisa mengunjungi layanan perpustakaan itu sembari jalan-jalan menghabiskan waktu akhir pekan. Ia menyukai buku-buku cerita anak dan gambar-gambar buah hingga hewan.

Petugas Bus Pintar, Yoyo Suprianto, mengatakan Bus Pintar merupakan layanan perpustakaan keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun. Layanan ini buka setiap ada kegiatan CFD di Jl. Pahlwan. Sedangkan pada hari aktif, biasanya bus keliling di setiap sekolahan.

Dia menuturkan koleksi buku Bus Pintar mencapai 2.000 buku dengan beragam judul dan genre. Tetapi, sebagian besar buku memang bertema anak-anak. "Setiap buka di CFD ini ada sekitar seratusan orang yang berkunjung. Karena tempatnya sempit, jadi ya harus mengantre," kata dia.

Yoyo menuturkan Bus Pintar ini memiliki misi meningkatkan minat baca anak-anak. Arena CFD dipilih karena banyak anak-anak yang beraktivitas dan menghabiskan waktu libur akhir pekan.

Bus Pintar ini sudah mulai siap di lokasi CFD pada pukul 05.00 WIB dan selalu mengambil lokasi di depan Balai Kota Madiun. Ia menceritakan pernah berkali-kali harus berpindah lokasi karena tempatnya digunakan para pedagang.

Akhirnya bus mengalah dan pindah ke lokasi lain di CFD Jl. Pahlawan. "Biasanya rebutan sama pedagang. Untuk menyiasati itu, kami di lokasi lebih dahulu yakni mulai pukul 05.00 WIB dan tutup pukul 08.00 WIB," jelas dia.

Yoyo berharap layanan perpustakaan keliling ini bisa dimanfaatkan anak-anak untuk menambah ilmu pengetahuan. Ada banyak koleksi buku yang bisa dibaca.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten