SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SUKOHARJO--Perpustakaan Daerah (Perpusda) Sukoharjo dilengkapi dengan fasilitas internet. Fasilitas tersebut dipasang untuk menarik pengunjung.

Pantauan Solopos.com, akhir pekan kemarin, empat unit komputer yang sudah terkoneksi dengan internet itu berada di ruang IT perpusda. Para pengunjung bisa dengan bebas menggunakan internet tanpa harus membayar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dulu hanya ada satu unit komputer, jadi pengunjung pada rebutan, terutama para siswa SD dan SMP yang banyak menggunakan internet,” ujar Kepala Perpusda Sukoharjo, Ninik Ristiani, akhir pekan kemarin.

Lebih lanjut ia mengatakan, keempat unit komputer itu merupakan bantuan dari salah satu produk minuman bersoda, kepada perpusda, belum lama ini. Dengan adanya tambahan komputer, para pengunjung meningkat. Sebelumnya pengunjung perpusda sekira 60 orang per hari. Namun saat ini rata-rata pengunjung 80-100 orang.

“Kami menginginkan perpustakaan bukan hanya jadi tempat untuk menyimpan buku, tapi juga bisa untuk tempat refreshing. Kalau perpustakaan hanya mengandalkan buku, maka lambat laun akan ditinggalkan pengunjung,” papar Ninik.

Nonton Film Bareng

Selain empat komputer, di perpusda juga telah dipasangi fasilitas wifi. Pihaknya juga memberikan pelatihan internet gratis kepada siapa pun yang menginginkannya. Dulu, kata dia, ada kelompok perajin kain tenun dari Sukoharjo yang menggunakan fasilitas internet untuk mempromosikan produknya.

“Akhirnya ajarkan dia bagaimana membuat email dan sebagainya, selanjutnya dia berselancar sendiri melalui dunia maya sebagai media promosi.”

Di perpusda, imbuh Ninik, juga menyediakan tempat untuk nonton bareng. Film yang diputar bisa berbagai tema. Bila ada minimal 10 orang yang ingin menonton film, maka film akan dicarikan dan diputarkan oleh pihak perpusda. Misalnya, kata dia, saat ada peringatan hari ibu kemarin, pihak perpusda menyetel film bertema Ibu pula.

Selain menonton film, di perpusda juga menggelar story telling bagi anak-anak TK dan SD. Berkat berbagai program itu, sambung Ninik, maka perpusda Sukoharjo mendapatkan juara ketiga lomba perpustakaan se-Provinsi Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya