SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA—Pemerintah Kota Jogja melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah kini menggiatkan minat baca anak dengan layanan mobil perpustakaan keliling.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Kendati baru tersedia satu unit, mobil perpustakaan keliling tersebut dinilai memberikan peranan penting bagi perkembangan masyarakat khususnya bagi anak-anak. Setiap hari minimal dua sekolah dikunjungi oleh mobil perpus keliling yang dikelola oleh tiga pustakawan tersebut. Dalam mobil termuat ratusan judul buku. Selain untuk anak-anak dengan koleksi buku cerita, perpustakaan keliling juga memiliki jadwal mengunjungi taman bacaan masyarakat (TBM) dengan koleksi pengetahuan umum dan teknologi.

Agistina Sri Sawitri, salah satu pustakawan menjelaskan rata-rata kunjungan yang dilakukannya selama 1,5 jam. Di samping diperbolehkan membaca di sekitar mobil, anak maupun masyarakat diperbolehkan untuk meminjam koleksi buku tersebut. Peminjaman dapat dilakukan bagi siswa minimal kelas 3 SD. Sementara bagi masyarakat umum dapat melakukan peminjaman dengan identitas diri.

“Sebenarnya belum seluruh sekolah dan TMB dapat terpenuhi dengan layanan perpus keliling ini, karena kami memiliki beberapa keterbatasan di antaranya armada dan juga personil. Jadi kami melayani kedatangan ini bagi kelompok maupun sekolah yang melayangkan permohonan kepada kami,” katanya belum lama ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya