SOLOPOS.COM - Keylor Navas dan Iker Casillas, dua kiper andalan Real Madrid yang akan pergi jika De Gea datang. Ist/dok

Perpisahan Casillas dengan Real Madrid membawa banyak konsekwensi. MU minta imbalan Keylor Navas jika De Gea gantikan Casillas.

Solopos.com, MADRID— Rencana seremonial perpisahan Iker Casillas dengan Real Madrid, Jumat (10/7),  sekaligus sebuah pertanda David de Gea hanya tinggal beberapa langkah lagi sampai di Santiago Bernabeu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ya, Casillas akhirnya menyerah untuk bertahan di klub yang sudah dihuninya sejak berusia anak-anak itu. Kiper berusia 34 tahun tersebut dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk memperkuat Porto selama dua tahun.

Menurut lapoaran Marca, perpisahan sang legenda akan digelar di Bernabeu, Jumat pukul 13.30 waktu setempat. Fans Madrid yang ingin hadir sudah boleh masuk stadion sejak satu jam sebelum acara perpisahan itu dimulai.

Ekspedisi Mudik 2024

Selama 16 tahun mengenakan kostum senior Madrid, Casillas ikut menyumbangkan sejumlah trofi bergengsi bagi tim berjuluk Los Galactico itu, termasuk tiga gelar Liga Champions. Dia juga sukses meniti karier bersama Timnas Spanyol dengan meraih mahkota Piala Dunia dan dua titel Euro. Namun, cerita indah Casillas bersama Los Blancos, julukan lain Madrid, di Negeri Matador akan berakhir, Jumat ini.

“Los Blancos paham dia pantas mendapatkan pesta perpisahan yang layak, sementara dia tidak ingin meninggalkan klub yang selalu ada di hatinya itu tanpa mengucapkan salam perpisahan kepada suporter,” jelas seorang sumber terpercaya di Bernabeu kepada Marca, Kamis (9/7/2015).

Sang kapten terpaksa meletakkan jersey Los Blancos yang dikenakannya sejak berusia sembilan tahun itu. Pemain yang sempat dijuluki Santo Iker menjadi bulan-bulanan fans dalam beberapa tahun terakhir, dan mencapai puncak setelah Madrid gagal meraih satu gelar pun musim lalu.

Ambisi besar bos Madrid, Florentino Perez, untuk mendatangkan kiper muda Spanyol, David de Gea, dari Manchester United, semakin membuat Casillas ingin secepatnya hengkang.

Madrid dan Casillas tak mau berbelit-belit lagi memutuskan kata cerai meski kontrak sang pemain masih berakhir 2017 mendatang. Pasalnya, Madrid akan mulai berangkat tur pramusim ke Australia dan China, akhir pekan ini.

Casillas akan dikontrak selama dua musim di Porto yang diasiteki pelatih asal Spanyol, Julen Lopetegui. Namun, dia sepertinya harus rela gajinya dipotong. Bersama Madrid, Casillas mendapatkan bayaran senilai 7,5 juta euro (Rp110,3 miliar) per musim. Tapi Porto dilaporkan hanya sanggup membayarnya 3,5 juta euro (Rp51,5 miliar) per musim.

Sementara Madrid tinggal menfokuskan diri mendatangkan De Gea. Sebelumnya, bek Madrid, Sergio Ramos, dikabarkan ikut masuk dalam negosiasi apabila Los Blancos ingin mendapatkan De Gea.

Kabar terbaru ikut menyeret satu orang lagi demi memuluskan “Operasi De Gea” itu, yakni kiper kedua Madrid, Keylor Navas. Pelatih Manchester United, Louis van Gaal, dikabarkan bisa saja menginginkan kiper Kosta Rika tersebut untuk menggantikan De Gea apabila hengkang ke Madrid.

Jadi tak heran apabila nama Navas ikut disebut-sebut dalam negosiasi kedua klub untuk masuk paket transfer De Gea. Namun, hal itu masih bergantung kepada Ramos yang diinginkan United sejak awal.

Sementara itu, Madrid resmi memperkenalkan Danilo sebagai pemain baru Los Blancos, Kamis. Bek berusia 23 tahun tersebut didatangkan dengan banderol 23 juta poundsterling (Rp471 miliar) dan dinyatakan lolos tes medis untuk memperkuat lini belakang Madrid.

Bek berdarah Brasil itu akan mengenakan nomor punggung 23 di Los Blancos musim depan. Apakah Danilo akan membuat Ramos akhirnya hengkang ke United dan ditukar dengan De Gea?. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya