SOLOPOS.COM - ilustrasi pembuatan SIM (JIBIdok)

Solopos.com, SRAGEN—Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sragen uji coba mobil Samsat Keliling untuk memperpendek jarak pelayanan pajak kendaraan bermotor.

UPTD Samsat Sragen menerima bantuan satu unit mobil Samsat Keliling bulan lalu. Mobil Samsat Keliling akan melayani registrasi ulang, pembayaran pajak perpanjangan, mutasi dan lain-lain seperti di kantor UPTD Samsat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun Samsat Keliling tidak dapat melayani pajak ganti plat nomor baru. Kapolres Sragen, AKBP Dhani Hernando, melalui Kasatlantas Polres Sragen, AKP Dudi Pramudia, menuturkan mobil Samsat Keliling akan dioptimalkan untuk menjangkau wilayah yang jauh dari kantor UPTD Samsat di Sragen. Dudi mengungkapkan akan membuat jadwal pelayanan mobil Samsat Keliling hingga 20 kecamatan di Sragen.

“Selama ini mengurus pajak di satu tempat di kantor UPTD Samsat. Setelah ini lebih terjangkau. Mobil Samsat Keliling mengunjungi tempat-tempat tertentu di 20 kecamatan. Akan dijadwal,” kata Dudi saat ditemui solopos.com, Selasa (8/10/2013).

Dudi menambahkan jadwal pelayanan Samsat Keliling akan diinformasikan lebih lanjut. Menurut Dudi, mobil Samsat Keliling masih melayani di sekitar Sragen karena konsentrasi sosialisasi pelayanan sistem baru. Supervisi UPTD Samsat Sragen, Muslih Sutoyo, saat ditemui solopos.com menambahkan mobil Samsat Keliling belum menjangkau wilayah lain di luar Sragen karena menjajal kemampuan internet. Dia mengakui mobil Samsat Keliling akan terkendala koneksi, sinyal dan jaringan internet. Sehingga pihaknya perlu melakukan antisipasi.

“Sementara masih di sekitar kantor UPTD Samsat sembari melihat sejauh mana kemampuan dan daya jangkau internet. Nanti akan kami uji coba satu kecamatan satu hari. Semoga mobil ini efektif karena lebih praktis dan proses hanya 5 menit,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya