SOLOPOS.COM - Ilustrasi (waspada.co.id)

Perpajakan Karanganyar, dua kecamatan, Jenawi dan Jatipuro, paling cepat melunasi PBB.

Solopos.com, KARANGANYAR — Dua kecamatan yakni Jatipuro dan Jenawi, tercatat sebagai yang paling cepat melunasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 2017 di Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wajib pajak di dua kecamatan itu sudah semuanya membayar kewajiban PBB mereka. Dari dua kecamatan itu, Kecamatan Jenawi lebih cepat beberapa jam dibandingkan Jatipuro.

“Pembayaran PBB 2017 Jenawi sudah lunas. Pelunasannya sama dengan Jatipuro pada 30 Januari 2017. Tapi Jenawi lebih cepat jamnya dibanding Jatipuro,” ujar Camat Jenawi, Rusmanto, kepada Solopos.com, saat diwawancarai via ponsel, Minggu (12/2/2017).

Rusmanto mengatakan PBB Jenawi dilunasi pukul 08.22 WIB. Sedangkan pelunasan PBB Jatipuro siang harinya.

Berdasarkan data dari Badan Keuangan Daerah (BKD) Karanganyar, Jenawi adalah kecamatan paling cepat atau yang pertama dibandingkan kecamatan lain dalam pelunasan PBB 2017. Pada 2016, Kecamatan Jenawi baru bisa melunasi PBB pada 6 April.

Saat itu, Kecamatan Jenawi menduduki peringkat ketiga paling cepat se-Karanganyar. Kecepatan Jenawi dalam melunasi PBB, menurut Rusmanto, tidak lepas dari kekompakan kepala desa (kades) dan kepala dusun (kadus). Begitu SPPT diterima langsung dibagikan ke pemdes.

“Kades saya beri waktu sehari mengambil SPPT di kecamatan. Sehari berikutnya SPPT harus dibagikan ke kadus. Kadus punya waktu sepekan membagikan SPPT ke warga,” tutur dia.

Rusmanto menilai metode komunikasinya dengan pemdes selama ini cukup membantu dalam pelunasan PBB. Pemdes dan kadus tergerak untuk bersama-sama menyukseskan hal itu.

“Saya senang njlajah desa milang kori. Bahkan setiap hari Senin dan Kamis saya ngantor di desa-desa dengan sistem bergiliran. Kedekatan ini sangat membantu setiap program kami,” kata dia.

Rusmanto menargetkan pelunasan PBB 2018 Jenawi bisa semakin cepat. Kerja sama dengan sembilan kades, 34 pemungut pajak, 213 ketua RT, dan 59 ketua RW akan terus dioptimalkan.

Terpisah, Wabup Karanganyar, Rohadi Widodo, mengapresiasi adanya kompetisi sehat antarkecamatan dalam mewujudkan program-program yang sudah digariskan tahun ini. Pemkab telah menyiapkan hadiah bagi kecamatan yang PBB-nya lunas di awal.

Salah satunya dipilih sebagai tempat pelaksanaan pengundian PBB tahun berjalan. “Tahun lalu pengundian kita lakukan di Jatipuro. Untuk tahun ini saya belum cek siapa yang tercepat. Tapi yang jelas kami sangat mengapresiasi dan sudah disiapkan hadiah,” ujar dia.

Politikus PKS itu berharap kecamatan-kecamatan lain juga berlomba memacu persentase pembayaran PBB. Dengan kekompakan dan komunikasi yang baik hal itu bisa dilakukan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya