SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Nairobi–Para perompak Somalia membajak sebuah kapal kargo  milik Lybia ketika melalui Teluk Aden yang diawaki 17 pelaut berkebangsaan Romania dan Lybia, Kamis (4/2).

Ecoterra, yang memantau pelayaran di lepas pantai Somalia mengatakan kapal MV Rim yang berbobot mati 4.800 ton dibajak, Selasa di perairan strategis  selatan pantai Yaman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Organisasi Maritim menyatakan kapal itu  memasang bendera Korea Utara, tetapi pemiliknya  adalah perusahaan pelayaran White Sea Shipping  Tripoli.

Ekspedisi Mudik 2024

Para awaknya biasanya terdiri atas 17 pelaut  dan, berdasarkan data awak  yang lama, kapal itu diperkirakan memiliki 17 pelaut.

“Diperkirakan kapal it kini ditahan di salah satu pangkalan pembajak Puntland,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Satu pasukan kontra pembajakan Uni Eropa mengkonfirmasikan tentang pembajakan itu tetapi tidak memiliki informasi  mengenai para awaknya.

“Kapal MV Rim kini mengubah arahnya dan sedang menuju peariran Somalia. Pasukan koalisi kini sedang memantau situasi itu,” kata pihak EU Navfor dalam sebuah pernyataan.

Serangan-serangan perompak di seluruh dunia meningkat hampir 40 persen tahun 2009  dengan para perompak Somalia melakukan aksi mereka lebih dari separuh  dari 406 kasus yang dilaporkan, kata Biro Maritim Internasional.

ant/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya