SOLOPOS.COM - Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. (fifa.com)

Solopos.com, SOLO — Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA melalui pernyataan resminya, telah membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencananya diselenggarakan pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Melalui keterangan resmi di laman resminya, keputusan tersebut diambil setelah diadakannya pertemuan Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir di Doha, Qatar.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Keputusan FIFA tersebut disampaikan pada Rabu, 29 Maret 2023 malam WIB. Sebelumnya, PSSI telah menyebutkan bahwa FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya di gelar di Bali, Indonesia, pada 31 Maret 2023 mendatang. Pembatalan drawing tersebut akhirnya berdampak kepada ikut dibatalkannya event Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Berikut ini pernyataan resmi dari FIFA terkait batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Mei dan Juni 2023 mendatang, yang Solopos.com kutip dari laman resmi FIFA.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena situasi saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya. FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Joko Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pasca tragedi yang terjadi pada Oktober 2022.

Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketua PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat.”

Pernyataan resmi dari FIFA terkait dibatalkannya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 itu mendapatkan banyak komentar dari netizen. Bahkan, hingga Kamis (30/3/2023), tagar FIFA menjadi salah satu trending topic di Twitter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya