SOLOPOS.COM - Acara tasyakuran di Boyolali yang bikin geger warga, Minggu (10/10/2015). (Hijriah AW/JIBI/Solopos)

Pernikahan sejenis bikin geger Boyolali.  Ada tasyakuran bersatunya dua lelaki yang mirip acara pernikahan.

Solopos.com, BOYOLALI – Kabar digelarnya pernikahan sejenis di Boyolali menggegerkan warga Musuk. Sebuah acara bernama Tasyakuran Bersatunya RAK dan DM digelar di sebuah dusun di Kecamatan Musuk, Boyolali, Sabtu (10/10/2015) siang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

RAK punya nama asli berinisial D dan DM, keduanya  merupakan lelaki. RAK merupakan transgender atau waria. Keduanya berusia tak terpaut jauh, yakni sekitar 25 tahun.

Tasyakuran bersatunya dua orang lelaki ini digelar mirip hajatan pernikahan. Hajatan tasyakuran RAK dan DM menghadirkan hiburan musik dangdut dan campur sari.

Warga di dusun digelarnya hajatan itu penasaran karena hajatan yang dikemas seperti acara pernikahan itu adalah milik dua orang laki-laki yang merupakan warga Musuk.

Warga dan tokoh masyarakat Musuk tidak berani menyebut tasyakuran itu merupakan sebuah pernikahan karena tidak ada upacara pernikahan seperti pada umumnya yang menghadirkan penghulu, saksi dan wali.

Dalam resepsi  itu keduanya berperan seperti sepasang pengantin. RAK berdandan seperti seorang pengantin wanita lengkap dengan busana dan kembang melati sedangkan DM mengenakan jas lengkap berdasi.

Dalam acara tersebut, baik pembawa acara maupun pengisi hiburan yang kebanyakan adalah transgender menyapa sepasang kekasih itu dalam Bahasa Jawa dengan istilah temanten (pasangan pengantin) meskipun mereka tahu bahwa keduanya sama-sama laki-laki.

Dalam sesi hiburan mereka juga beberapa kali menyampaikan kepada tamu undangan bahwa keduanya adalah laki-laki.

Kepala dusun setempat, MR, mengakui banyak warganya yang penasaran dengan acara tersebut. Bahkan sebelumnya, warga sudah sempat heboh karena kabar yang beredar keduanya akan melangsungkan pernikahan.

“Mau menikah bagaimana? Mereka kan semuanya laki-laki,” kata MR.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya