PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : Dua Tokoh Ini akan Jadi Saksi Akad Nikah Kahiyang-Bobby

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : Dua Tokoh Ini akan Jadi Saksi Akad Nikah Kahiyang-Bobby

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan mengenai rencana pernikahan putrinya Kahiyang Ayu di kediamannya, Minggu (29/10/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Presiden Jokowi memilih dua pejabat ini untuk menjadi saksi akad nikah putrinya, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution.

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memilih dua orang yang akan menjadi saksi pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu, dengan Muhammad Bobby Afif Nasution pada Rabu (8/11/2017) mendatang.

Dua orang tersebuta adalah Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dan Manteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution. Presiden Jokowi menyampaikan Wapres Jusuf Kalla akan menjadi saksi mewakili keluarganya atau keluarga pengantin perempuan. (Baca: Makanan Tradisional Ini Akan Tersaji di Resepsi Mantenan Kahiyang)

Sedangkan Menko Perekonomian bakal menjadi saksi mewakili keluarga pengantin pria. Akad nikah Kahiyang-Bobby akan digelar di Graha Saba Buana, Jl. Letjen. Suprapto, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, pada Rabu pagi.

“Saksinya nanti yang dari kami, Bapak H. Jusuf Kalla, kemudian yang dari Muhammad Bobby Afif Nasution, Pak Darmin Nasution. Tapi nanti ada pendamping-pendamping juga dari keduanya,” kata Presiden Jokowi ketika dijumpai wartawan di kediamannya, Jl. Kutai Utara, Sumber, Solo, Minggu (29/10/2017) siang.

Presiden menyebut segala kebutuhan untuk penyelengaraan acara pernikahan Kahiyang kini sudah beres. Presiden bahkan mengecek sendiri berbagai hal yang dibutuhkan atau yang akan digunakan untuk acara pernikahan putrinya tersebut.

Dia menturkan keluarganya kini tinggal mendistribusikan undangan kepada pihak-pihak yang akan diundang. Rencanannya undangan mulai disebar pada Senin (30/10/2017).

“Alhamdulillah tadi [Minggu] saya cek sendiri dari seluruh panitia yang ada, sudah beres semua. Tinggal mendistribuskan undangannya mulai besok pagi,” jelas Presiden.

Presiden memprediksi sedikitnya 8.000 orang datang ke acara resepsi pernikahan Kahiyang dengan Bobby Nasution yang bakal dibagi dalam dua sesi, yakni pada Rabu siang dan Rabu malam. Dia memperkirakan jumlah tamu pada acara pernikahan Kahiyang lebih banyak ketimbang jumlah tamu pada acara pernikahan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda pada Juni 2015 lalu.

Prediksi tersebut karena Presiden menerima kabar akan ada banyak sukarelawan pendukungnya yang bakal hadir ke Kota Solo untuk menghadiri resepsi pernikahan Kahiyang. “Tamu undangan kurang lebih 8.000. [Yang diundang] Hampir sama dengan Gibran tapi hanya ini nanti sukarelawan lebih banyak. Kalau dulu yang datang 3.000 [orang]. Ini diperkirakan antara 7.000 orang sampai 8.000 orang. Wong kami jatah [perwakilan] 10 orang, 20 orang, enggak mau, jadi ada yang 50 orang, 100 orang, ada yang 500 orang. Angkanya kurang lebih 7.000 orang sampai 8.000 orang,” terang Presiden.

Presiden menyampaikan perayaan acara pernikahan Kahiyang dengan Bobby Nasution bukan saja digelar di Solo, melainkan juga di Medan tempat asal Bobby. Dia menuturkan acara di Medan digelar pada Jumat- Minggu (24-26/11/2017).

Sementara itu, saat dimintai komentar, Kahiyang yang berada d samping ayahnya di meja makan keluarga itu, mengaku tidak deg-degan menjelang pernikahannya dengan Bobby Nasution. Dia juga menyampaikan tidak melakukan prosesi pingitan sebelum menikah.

“Enggak ada persiapan khusus. Masih jalan ke mana-mana. Kuliah alhamdulillah sudah selesai kemarin. Tinggal wisudanya,” ujar Kahiyang.

Ibu Negara Iriana Jokowi mengaku tidak memberikan wejangan khusus kepada Kahiyang sebelum putrinya tersebut menjalani pernikahan. Dia percaya Kahiyang bisa belajar sendiri sambil jalan. Iriana mengatakan putrinya tersebut sudah dewasa dan siap untuk menikah.. “Enggak ada, Ayang sudah besar. Nanti kan sudah tahu sendiri,” tutur Iriana.

Sementara itu, Gibran menunjukkan undangan pernikahan Kahiyang yang bakal disebar kepada para calon tamu. Dia menyebut secara garis besar model undangan pernikahan Kahiyang tidak jauh berbeda dibanding model undangan pernikahan dirinya pada 2015 lalu.

Sampul undangan pernikahan Kahiyang dari beludru merah marun. Di halaman sampul terdapat ukiran gunungan bertuliskan kedua nama calon mempelai. Sedangkan di bagian dalam undangan tertulis nama kedua mempelai dengan tinta warna emas dan keterangan lain tertulis dengan tinta hitam.

Berita Terkait

Berita Terkini

Keren! 6 Organisasi Mahasiswa Siap Bantu Penanganan Covid-19 Jateng

Mereka kemudian berdiskusi dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, terkait keterlibatan mahasiswa dalam penanganan Covid-19 di masyarakat.

Bantu UKM Kuliner, Fakultas Pertanian UNS Sosialisasi Keamanan Pangan Produk Frozen Food

Prodi llmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian (FP) UNS dengan melakukan sosialisasi keamanan pangan produk frozen food dan pengurusan izin edar MD bagi pelaku usaha kuliner di Solo.

Berbagi ke Warga Sekitar, Solo Grand Mall Bagi-bagi Paket Sembako

Puluhan paket sembako tersebut diserahkan secara oleh General Manager Solo Grand Mall, Bapak Bambang Sunarno, kepada warga Penumping.

AKBP Edy Suranta Sitepu Tak Lagi Menjabat Kapolres Klaten, Ini Pejabat Yang Baru

Kapolres Klaten diganti, AKBP Edy Suranta Sitepu sudah tidak lagi menduduki tersebut dan diganti pejabat baru per Rabu (28/7/2021).

Jos! Anthony Ginting Raih Tiket Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Anthony Sinisuka Ginting menang dua game langsung 18-21, 14-21 melawan pebulu tangkis tuan rumah Jepang, Kanta Tsuneyama.

Jelang Alih Status Jadi UIN, IAIN Salatiga Buka Program Doktoral

Rektor IAIN Salatiga Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy, M.Ag. menyebut kelak UIN Salatiga akan buka program vokasi sesuai kebutuhan masyarakat.

Pengumuman! Ruas Jalan di Kawasan Perkotaan Klaten Ditutup Mulai Pukul 20.00 WIB

Belasan ruas jalan di kawasan perkotaan Klaten mulai ditutup sejak pukul 20.00 WIB-05.00 WIB setiap harinya selama PPKM Level 4.

Positif Corona, 2 Pasangan Calon Pengantin Di Wonogiri Tunda Akad Nikah

Dua pasangan calon pengantin di Kecamatan/Kabupaten Wonogiri terpaksa menunda proses ijab kabul karena terkonfirmasi positif corona.

Sejarah Indonesia! Greysia/Apriyani Lolos ke Semifinal Olimpiade Tokyo 2020

Greysia Polii/Apriyani Rahayu mencetak sejarah sebagai ganda putri pertama Indonesia yang berhasil lolos ke babak semifinal Olimpiade.

Terjadi Kerumunan, Penyaluran Bansos di Bantul di Beberapa Titik Ditunda

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi (monev) di lapangan, masih ada penyaluran bansos di Kabupaten Bantul yang menimbulkan kerumunan.

Bocoran Harga Xiaomi Poco F3 GT, Ponsel 5G Spek Gaming

Perusahaan smartphone asal Tiongkok, Xiaomi, telah merilis produknya baru yakni Poco F3 GT dengan spesifikasi yang cocok untuk para pencinta game.

Kisah Penamaan Wedi di Klaten Berkaitan dengan Sunan Pandanaran

Kepala Dusun (Kadus) I Kalitengah, Wedi, Slamet Widodo, 62, mengatakan kisah penamaan Wedi berawal dari perjalanan Sunan Bayat saat berada di Wedi.