PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : Wali Kota Solo Rudy Didapuk Jadi Atur Pambagyaharja

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : Wali Kota Solo Rudy Didapuk Jadi Atur Pambagyaharja

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan mengenai rencana pernikahan putrinya Kahiyang Ayu di kediamannya, Minggu (29/10/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, dipercaya menyampaikan pidata selamat datang saat pernikahan putri Presiden Jokowi.

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo didapuk menjadi atur pambagyaharja atau menyampaikan pidato ucapan selamat datang kepada tamu undangan resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution pada 8 November mendatang di Graha Saba Buana, Solo.

Sebelumnya, Rudy, sapaan akrab Wali Kota, juga menjadi atur pambagyaharja saat pernikahan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dengan Selvi Ananda. “Saya ditunjuk lagi untuk jadi pambagyaharja dalam acara itu,” kata Rudy sapaan akrabnya ketika dijumpai wartawan, Minggu (29/10/2017). (Baca: Dua Tokoh Ini Akan Jadi Saksi Akad Nikah Kahiyang-Bobby)

Rudy akan mewakili keluarga Jokowi berpidato di depan tamu undangan. Bagi masyarakat Jawa, atur pambagyaharja adalah seseorang yang ditunjuk mewakili sang pemangkugati (yang punya hajat) berpidato di depan tamu undangan. Rudy mengaku tidak ada persiapan apa-apa untuk itu.

Hal itu karena Rudy memang sudah terbiasa menjadi atur pambagyaharja di setiap acara pernikahan saudara maupun kerabat dekat. Karenanya saat diminta menjadi atur pambagyaharja untuk acara pernikahan Kahiyang dan Bobby, Rudy langsung menyanggupinya.

“Nanti berarti saya kedua kali ini jadi atur pambagyaharja untuk acara pernikahan anak Presiden. Dulu Mas Gibran, sekarang Mbak Ayang,” katanya.

Saat ini, beragam persiapan pendukung menjelang pernikahan Kahiyang dan Bobby terus dimatangkan Pemkot Solo, seperti menyiapkan fasilitas umum (fasum) dalam hajatan Presiden. Selain itu juga persiapan rekayasa lalu lintas, parkir, dan sirkulasi tamu undangan.

Asisten Administrasi Umum Setda Pemkot Solo, Eny Tyasni Suzana, menuturkan tim Dinas Perhubungan (Dishub) tengah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Pemkot akan memberlakukan penutupan hingga pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di lingkungan kediaman Presiden.

Sedangkan untuk lokasi parkir tamu undangan, Pemkot menyiapkan tiga kantong parkir, yakni Stadion Manahan, Lapangan Sumber dan Lapangan Banyuanyar. Masing-masing lokasi itu dilengkapi toilet portable serta petugas penjaga kebersihan.

“Jadi nanti lahan parkir difasilitasi penerangan dan toilet portable,” katanya tanpa memerinci lebih jauh berapa unit toilet portable yang disiapkan tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

KISAH KADES JENAR: Dulu Hujat Pejabat, Kini Disuntik Vaksin Langsung oleh Bupati Sragen

Akhirnya Kades Jenar bertemu Bupati Sragen dan disuntik vaksin.

Peringati Hari Anak Nasional, Anak di Madiun Dapat Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Madiun mulai melakukan vaksinasi terhadap anak berusia 12 tahun ke atas saat peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021.

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.

Mimpi CEO Wardah Salman Subakat Bangun Ekosistem Pendidikan Indonesia

Salman Subakat, yang menduduki jabatan Chief Executive Officer (CEO) Paragon Technology and Innovation mendeskripsikan dirinya dalam empat kalimat.

Tugu Bola, Ikon Baru Desa Sambi Sragen dan Jadi Simbol Pemersatu Warga

Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Sragen, kini memiliki ikon wilayah yakni Tugu Bola. Tugu ini menjadi simbol pemersatu warga Desa Sambi.

Beredar Kabar Nakes RSUD Ambarawa Ditusuk Keluarga Pasien Covid-19, Ini Klarifikasi Polda Jateng

Video seorang anggota keluarga pasien Covid-19 yang meninggal mencoba menusuk nakes RSUD Ambarawa beredar viral di media sosial. Polda Jateng beri penjelasan.

Digerebek Petugas, Nasib PKL Di Purwodadi Berakhir Bahagia

Kedatangan petugas gabungan membuat pedagang dan sejumlah pembeli yang lagi nongkrong di warung PKL angkringan dekat Stadion Purwodadi kaget.

3 Dosen Meninggal Dunia, UNS Solo Kehilangan Akademisi Terbaik

Tiga dosen UNS Solo meninggal pada Jumat-Sabtu (23-24/7/2021). Ketiga merupakan dosen-dosen terbaik.

Vaksin With A View, Cara Asyik Gairahkan Warga Ikuti Vaksinasi Covid-19

Program ini mengajak warga, khususnya di Desa Wukiharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman untuk turut serta dalam program vaksinasi Covid-19.

Manfaatkan Pengrajin Lokal, Bingah Leather Craft Sukoharjo Pasarkan Tas Kualitas Impor

Peserta UMKM Virtual Expo 2021, Bingah Leather Craft Sukoharjo, mampu membuat tas kulit berkualitas ekspor dengan harga terjangkau.

Waduh, Agenda Kunjungan Panglima TNI ke Solo Mendadak Ditunda

Kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Solo ditunda besok.

Gibran Sebut Capaian Vaksinasi Covid-19 di Solo di Atas 60%, Siap Sinergi dengan Daerah Lain

Gibran menjelasnya biasanya vaksinasi massal yang diadakan Pemkot Solo menggandeng pihak ketiga sehingga prosesnya sangat cepat.