SOLOPOS.COM - Bobby dan Kahiyang Ayu (Instagram @ayanggkahiyang)

Pernikahan Putri Jokowi Kahiyang Ayu akan dilaksanakan di Graha Saba Buana, November mendatang.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mempercantik Kota Solo menyambut hajatan pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (Ayang), dengan Bobby Nasution, Rabu (8/11/2017) mendatang. Resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby bakal diadakan di Graha Saba Buana, Jl. Letjen Suprapto, Sumber, Banjarsari, Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo Hasta Gunawan ketika berbincang dengan wartawan di Balai Kota, Selasa (19/9/2017), mengatakan taman-taman yang berada di jalur lokasi pernikahan akan ditata ulang.

Dia mengatakan beberapa ruas jalan diperkirakan bakal menjadi jalur tamu undangan di antaranya Jl. Adi Sucipto, Jl. Ki Mangun Sarkoro, Jl. Adisumarmo, serta Jl. Letjen Suprapto. “Jalur yang nanti dilalui [tamu undangan] akan kita tata, termasuk tamannya juga dipercantik,” kata dia.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain taman, Hasta menambahkan lapangan Sumber dan Banyunyar juga akan ditata, meskipun kini kedua lapangan tersebut siap digunakan sebagai lokasi parkir bagi kendaraan tamu undangan. Menurut dia, Pemkot hanya perlu menambah penerangan jalan umum (PJU) sementara di kedua lapangan tersebut.

Masing-masing lapangan dibutuhkan setidaknya enam lampu PJU. “Kondisi lapangan kan memang belum ada penerangan. Jadi kalau memang akan digunakan sebagai kantong parkir, harus diberi penerangan sementara,” ungkap Hasta.

Sama halnya saat hajatan pernikahan putra pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dengan dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda, pada 11 Juni 2017 lalu, Hasta mengatakan Pemkot memasang lampu penerangan sementara di lapangan Sumber dan Banyuanyar. Setelah hajatan selesai lampu penerangan itu pun langsung dicopot.

Disinggung kondisi lapangan saat ini apakah bisa digunakan untuk parkir kendaraan tamu undangan pernikahan Ayang, Hasta mengatakan tidak ada masalah apapun. Pihaknya hanya khawatir jika memasuki musim penghujan lapangan tersebut kondisinya becek.

Sebagai solusi, Hasta mengatakan akan dilakukan pengurukan dengan memakai pasir. “Tapi kami memperkirakan pernikahan mbak Ayang masih musim kemarau,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Yulistianto mengatakan berbagai persiapan akan dilaksanakan Pemkot menyambut hajatan pernikahan putri Presiden. Tak hanya rekayasa lalu lintas saja yang akan dipersiapkan, melainkan juga kondisi jalan di sekitar kediaman presiden.

“Kalau sekarang kondisi jalan di sana sudah mulus semua. Tapi kalau memang ada yang butuh perbaikan ya akan diperbaiki,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Pemkot mengucurkan anggaran Rp3,5 miliar untuk pengaspalan 30 ruas jalan lingkungan atau kampung di Kota Bengawan pada tahun ini. Pengerjaan pengaspalan jalan tersebut terbagi empat paket kegiatan masing-masing dialokasikan anggaran Rp875 juta.

Kasubag Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Solo Tintin Widyatini mengatakan proyek pengaspalan 30 ruas jalan kampung tersebar di sembilan kelurahan, meliputi Sumber, Kerten, Jebres, Nusukan, Gilingan, Jajar, Mojosongo, Manahan dan Kadipiro. Jalan tersebut akan dibuat mulus. Salah satunya menyasar jalan lingkungan di sekitar kediaman Presiden Joko Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya