SOLOPOS.COM - Ilustrasi Becak (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Sebanyak 50 becak akan dikerahkan untuk mengantar dan menjemput tamu resepsi pernikahan Kahiyang Ayu.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 50 pengemudi becak di Kota Solo bakal turut mangayubagya pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dan Muhammad Bobby Afif Nasution pada 8 November mendatang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Tukang becak tersebut disiapkan untuk mengantar tamu undangan dari dua tempat parkir, yakni Lapangan Sumber dan Lapangan Banyuanyar sampai gedung resepsi Graha Saba Buana. Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan tukang becak yang disiapkan untuk tamu undangan wajib lolos tes kesehatan.

“Kami sudah usulkan kepada keluarga agar tetap menggunakan armada becak. Sebanyak 50 tukang becak ini akan dicek kesehatan,” kata Rudy sapaan akrabnya kepada wartawan, Selasa (31/10/2017).

Rudy mengatakan tes kesehatan bagi pengemudi becak dilakukan untuk mengantisipasi kejadian saat pernikahan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dengan Selvi Ananda, pada 2015 lalu. Saat itu ada tukang becak yang meninggal dunia saat ikut mengantar tamu.

Diduga tukang becak tersebut kecapekan. Tak ingin hal itu terulang, Pemkot lebih selektif memilih pengemudi becak yang mendapat tugas tersebut. “Jadi nanti kita cek betul kesehatan dan armada becaknya,” katanya.

Menurut Rudy, para tamu undangan nanti bisa menikmati sensasi naik becak saat menghadiri pernikahan Kahiyang. Nantinya 50 pengemudi becak disebar masing-masing 25 becak di Lapangan Sumber dan Lapangan Banyunyar.

Becak akan melengkapi moda transportasi yang akan digunakan tamu undangan selain bus. Bus ini nantinya sepenuhnya disiapkan keluarga Jokowi.

Ketua Paguyuban Becak Solo, Sardi Ahmad, mengatakan tes kesehatan akan dilakukan di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) pada Rabu (1/11/2017) pukul 09.00 WIB. Tes kesehatan dianggap penting untuk mengantisipasi dampak buruk saat melaksanakan tugas dalam hajatan pernikahan Kahiyang-Bobby.

“Sejauh ini kami belum menerima order mengantar tamu saat hajatan Presiden nanti. Tapi 50 pengemudi becak memang diminta menjalani tes kesehatan di Kantor Dishub, Rabu pagi,” katanya.

Dia mengatakan keterlibatan para pememudi becak itu sebagai bentuk turun mangayubagya (memeriahkan) Presiden Jokowi mantu. Ditambahkan Sardi, para pengemudi becak selain menyiapkan fisik yang prima juga melakukan perbaikan armada agar tidak ada masalah saat mengantar tamu nanti. Disinggung adanya penyeragaman becak dan baju pengemudi, hal itu pasti akan dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya