SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi menari tortor dalam pesta adat pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, Sabtu (25/11/2017), di Medan. (liputan6.com)

Pernikahan putri Jokowi Kahiyang Ayu yakni resepsi ngunduh mantu berlangsung di Medan.

Solopos.com, MEDAN — Pesta adat ngunduh mantu putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution dilaksanakan hari ini, Sabtu (25/11/2017), di Medan. Presiden Jokowi pun melakukan tari tortor di lokasi resepsi di perumahan Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi di Kota Medan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi untuk melakukan prosesi adat Manortor sesi ke-3 pagi ini. Setelah tiba di tempat acara, Presiden dan Ibu Negara duduk diapit oleh keluarga Siregar yang mengangkat Kahiyang sebagai anak perempuannya.

Presiden manortor bersama dengan keluarga dari Siregar dan keluarga dekatnya, termasuk yang berasal dari Solo. Sebelum manortor, Presiden mengenakan ulos dan dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah.

Jokowi tampak luwes melakukan gerakan yang diakuinya belajar dari Youtube dengan didampingi oleh para bapak. Presiden manortor selama sekitar 10 menit dengan diiringi musik dari gondang sembilan. Saat menari, para penari pun mendapat lemparan beras kuning simbol kemakmuran.

Setelah Presiden, gantian Ibu Negara Iriana Jokowi manortor juga diiringi oleh para ibu dari keluarga Siregar dan keluarga dari Solo. Tampak istri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut Panjaitan, istri Menteri Sekretariat Negara Pratikno, dan besan Iriana, yaitu Ibunda Bobby ikut menari.

Ibu Iriana menari tanpa mengenakan alas kaki selama sekitar 10 menit. Ia juga tampak luwes menari, sedangkan Presiden melihat istrinya menari dari kursinya.

Kedua tari tortor itu adalah tari tortor mora yang menunjukkan Presiden dan Ibu Iriana sudah masuk dalam keluarga Siregar.

Jokowi saat dijumpai Jumat (24/11/2017), mengatakan belajar tari Tortor dari Youtube. “Latihan sama Youtube,” kata Presiden Jokowi di Sun Plaza Medan. Selain belajar dari Youtube, ia mengaku tidak mempersiapkan hal lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya