Tutup Iklan

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : 2 Ruas Jalan Ini Ditutup saat Mantenan Kahiyang Ayu, Truk Dialihkan ke Tol Soker

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : 2 Ruas Jalan Ini Ditutup saat Mantenan Kahiyang Ayu, Truk Dialihkan ke Tol Soker

SOLOPOS.COM - Kendaraan bermotor memadati jalan di depan Lapangan Sumber, Banjarsari, Solo, yakni akses menuju lokasi pernikahan Gibran-Selvi di Graha Saba Buana, Kamis (11/6/2015). (Abdul Jalil/JIBI/Solopos)

Dishub Solo berencana mengalihkan lalu lintas truk ke tol Soker lantaran dua jalur ini ditutup saat pernikahan Kahiyang Ayu.

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Solo berencana menutup akses kendaraan di Jl. Letjen Suprapto dan Jl. Ki Mangun Sarkoro, Kelurahan Sumber, Banjarsari, saat acara pernikahan Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, di Graha Saba Buana pada Rabu (8/11/2017) mendatang.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Sri Baskoro, menilai Jl. Letjen Suprapto dan Jl. Ki Mangun Sarkoro perlu disterilkan dari kendaraan umum karena menjadi akses khusus kendaraan pengantar tamu pernikahan Putri Presiden menuju Graha Saba Buana. Dia menerangkan kendaraan umum dari arah selatan seperti simpang empat Patung Wisnu Manahan yang akan menuju ke utara seperti simpang Joglo akan dialihkan lurus melewati Jl. A. Yani dan memutar lewat Jl. Piere Tendean, Kelurahan Nusukan, saat Jl. Letjen Suprapto ditutup.

“Jl. Letjen Suprapto dari simpang empat Girimulyo sampai Masjid Mujahidin dan Jl. Ki Mangun Sarkoro rencananya kami tutup saat digelar acara pernikahan Putri Presiden. Kendaraan umum dari selatan akan kami arahkan lewat Jl. A. Yani. Kalau mau masuk Sumber, kendaraan umum bisa lewat jalan-jalan kampung. Ada banyak jalan yang bisa dipilih,” jelas Baskoro saat ditemui Solopos.com di selter Stadion Manahan, Selasa (17/10/2017). (Baca: 2  Lapangan Ini Jadi Lokasi Parkir Kendaraan Tamu Resepsi Mantenan Kahiyang) 

Baskoro menyampaikan khusus kendaraan angkutan besar dari barat ke timur tidak akan dialihkan ke Jl. A. Yani saat tidak bisa lewat Jl. Letjen Suprapto. Hal itu untuk mengantisipasi kendaraan besar yang merusak palang dan rel di viaduk Gilingan.

Kendaraan besar dari arah barat yang akan menuju ke timur seperti Purwodadi maupun Surabaya diarahkan mengambil jalur alternatif lewat tol Solo-Kertosono (Soker). Jika opsi itu tidak memungkinkan, kata Baskoro, kendaraan angkutan barang berukuran besar bisa dialihkan juga melewati tengah kota lewat Jl. Slamet Riyadi.

“Truk di Jl. Slamet Riyadi nanti belok ke Jl. Bhayangkara. Truk tidak kami izinkan lewat depan Taman Sriwedari karena masih ada proyek perbaikan drainase. Truk kemudian dialihkan ke utara lagi dengan belok di perempatan Gemblegan atau di perempatan Jl. Kapten Mulyadi,” terang Baskoro.

Baskoro menyampaikan rencana manajemen dan rekayasa lalu lintas (MRLL) acara pernikahan Putri Presiden Jokowi yang telah disiapkan akan dimatangkan lagi dengan instansi terkait seperti Satlantas Polresta Solo, Korem 074/Warastrama, termasuk pelaksana pembangunan tol Soker. Dia menyebut Dishub berupaya menyusun MRLL terbaik yang tidak menimbulkan dampak besar terhadap aktivitas masyarakat.

Baskoro mengusulkan semua tamu undangan acara pernikahan Putri Presiden bisa melakukan drop off di Stadion Manahan atau jangan di Graha Saba Buana. “Saya mengusulkan agar semua tamu nanti dijemput menggunakan bus di Stadion Manahan. Tamu VIP maupun VVIP bisa transit di ruang khusus sebelum dijemput. Jika ada tamu yang masuk Jl. Letjen Suprapto apalagi membawa mobil iring-iringan bisa menimbulkan kemacetan,” terang Baskoro.

Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno, sebelumnya mengimbau masyarakat tidak perlu resah dengan rencana penutupan Jl. Letjen Suprapto ruas perempatan Girimulyo-pertigaan Masjid Mujahidin saat acara pernikahan Kahiyang. Dia menyebut banyak jalan alternatif yang bisa dipilih pengendara saat Jl. Letjen Suprapto ditutup.

Dishub bakal memasang rambu dan menyiagakan petugas untuk membantu para pengendara menemukan jalan alternatif terbaik. Hari mencontohkan kendaraan dari Manahan yang ingin ke Banyuanyar bisa memutar lewat jembatan Komplang saat tidak bisa masuk Jl. Letjen Suprapto pada 8 November.

Berita Terkait

Berita Terkini

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar