PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : 2 Lapangan Ini Jadi Lokasi Parkir Tamu Undangan Mantenan Kahiyang

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : 2 Lapangan Ini Jadi Lokasi Parkir Tamu Undangan Mantenan Kahiyang

SOLOPOS.COM - Pemilik Asmoro Decoration, Ranu Asmoro, 35, menunjukkan desain dekorasi pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution yang dibuat timya dicKantor Asmoro Decoration, Jl. Kawung I, Premulung, Kelurahan Sondakan, Laweyan, Solo, Senin (16/10/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Pemkot Solo terus membenahi fasilitas umum menjelang pernikahan putri Jokowi, Kahiyang Ayu.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mematangkan persiapan menjelang pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution pada 8 November mendatang.

Persiapan tersebut mulai dari rekayasa lalu lintas, kantong parkir hingga sirkulasi tamu undangan. Asisten Administrasi Umum Setda Pemkot Solo, Eny Tyasni Suzana, menerangkan Pemkot hanya menyiapkan fasilitas umum (fasum) dalam hajatan Presiden. Utamanya persiapan pada rekayasa lalu lintas, parkir, dan sirkulasi tamu undangan.

“Kepala negara ini kan yang mantu jadi pasti tamunya luar biasa banyak,” ujarnya ditemui wartawan  di ruang kerjanya, Senin (16/10/2017).

Untuk rekayasa lalu lintas, Eny mengatakan tengah disiapkan tim Dinas Perhubungan (Dishub). Yang jelas, Pemkot akan memberlakukan penutupan hingga pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di lingkungan kediaman Presiden.

Saat ini manajemen rekayasa lalu lintas tersebut masih disusun tim Dishub. Sedangkan lokasi parkir tamu undangan, Pemkot menyiapkan tiga kantong parkir, yakni Stadion Manahan, Lapangan Sumber, dan Lapangan Banyuanyar.

Di masing-masing lokasi tersebut Pemkot akan melengkapi toilet portable serta petugas penjaga kebersihan. “Jadi nanti lahan parkir kita fasilitasi penerangan dan toilet portable,” katanya tanpa memerinci lebih jauh berapa unit toilet portable yang disiapkan tersebut.

Eny mengatakan persiapan lain akan dimatangkan dan dirapatkan lagi dengan instansi lain maupun keluarga Presiden. Rapat akan dilaksanakan pada H-7 pernikahan.

Di sisi lain, Eny mengatakan Pemkot juga mempercantik wajah Kota Solo seperti penataan taman hingga tambal sulam jalan berlubang menjelang pernikahan Kahiyang. “Nanti itu dinas teknis yang akan melaksanakan,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo Hasta Gunawan mengatakan taman-taman di jalur yang menuju lokasi pernikahan akan ditata ulang, termasuk beberapa ruas jalan yang diperkirakan menjadi jalur tamu undangan seperti Jl. Adi Sucipto, Jl. Ki Mangun Sarkoro, Jl. Adisumarmo, serta Jl. Letjen Suprapto.

“Jalur yang nanti dilalui [tamu undangan] akan kami tata, termasuk tamannya juga dipercantik,” katanya. (Baca: Dekorasi Pernikahan Kahiyang Berkonsep Jawa Klasik Dihiasi Bunga)

Selain taman, Hasta menambahkan lapangan Sumber dan Banyunyar juga akan dilakukan penataan. Meskipun kini kondisi kedua lapangan tersebut siap digunakan sebagai lokasi parkir bagi kendaraan tamu undangan.

Menurutnya, Pemkot hanya perlu menambah penerangan jalan umum (PJU) sementara di kedua lapangan tersebut. Masing-masing lapangan dibutuhkan setidaknya enam lampu PJU.

“Kondisi lapangan kan memang belum ada penerangan. Jadi kalau memang akan digunakan sebagai kantong parkir, harus diberi penerangan sementara,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Wadas Purworejo Gugat Ganjar Pranowo ke PTUN Terkait Pembangunan Bendungan Bener

Warga Wadas, Purworejo, merasa dirugikan dengan dikeluarkannya izin penetapan lokasi pengadaan tanah bagi pembangunan Bendungan Bener oleh Gubernur Ganjar Pranowo.

Ini Kegunaan PlasmaHub, Platform Digital Buatan ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS meluncurkan PlasmaHub untuk mempermudah warga mendonorkan plasma konvalesen

Ribuan Pekerja Hotel dan Restoran di Malang Dirumahkan

Hotel dan Restoran di Malang terpaksa merumahkan separuh dari total karyawan mereka untuk bisa bertahan sekaligus mematuhi aturan PPKM.

ITS PKU Muhammadiyah Solo Gelar Kurban di Wonogiri, Ini Alasannya

Perayaan Hari Raya Iduladha 2021, ITS PKU Muhammadiyah Solo dilaksanakan di Dusun Joho, Desa Sambiharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogori

Paket Obat Covid-19 Gratis Didistribusikan ke Pasien Isoman di Bantul

Penyaluran paket obat Covid-19 gratis ke pasien yang isoman di rumah di Bantul dilakukan oleh para tentara Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

Windy Cantika Sempat Gugup karena Persaingan Olimpiade Tokyo 2020 Sangat Ketat

Windy Cantika sempat gugup karena para rival tampil tangguh hingga hanya berjarak tipis untuk total perolehan angkatan.

Ahsan/Hendra Awali Olimpiade Tokyo 2020 dengan Mudah

Ahsan/Hendra kemudian akan menghadapi wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Senin (26/7/2021) pukul 16.00 WIB.

Revitalisasi Pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Kota Jogja Segera Dimulai

Revitalisasi pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Jogja akan menghabiskan dana senilai Rp20 miliar.

KISAH KADES JENAR: Dulu Hujat Pejabat, Kini Disuntik Vaksin Langsung oleh Bupati Sragen

Akhirnya Kades Jenar bertemu Bupati Sragen dan disuntik vaksin.

Peringati Hari Anak Nasional, Anak di Madiun Dapat Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Madiun mulai melakukan vaksinasi terhadap anak berusia 12 tahun ke atas saat peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021.

Hingga Juli 2021, Ada 125 Kasus Kematian Karena Covid-19 di Kulonprogo

125 kasus kematian akibat Covid-19 selama Juli di Kabupaten Kulonprogo, mayoritas pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.