SOLOPOS.COM - Pemilik Asmoro Decoration, Ranu Asmoro, 35, menunjukkan desain dekorasi pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution yang dibuat timya dicKantor Asmoro Decoration, Jl. Kawung I, Premulung, Kelurahan Sondakan, Laweyan, Solo, Senin (16/10/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Pemkot Solo terus membenahi fasilitas umum menjelang pernikahan putri Jokowi, Kahiyang Ayu.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mematangkan persiapan menjelang pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution pada 8 November mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Persiapan tersebut mulai dari rekayasa lalu lintas, kantong parkir hingga sirkulasi tamu undangan. Asisten Administrasi Umum Setda Pemkot Solo, Eny Tyasni Suzana, menerangkan Pemkot hanya menyiapkan fasilitas umum (fasum) dalam hajatan Presiden. Utamanya persiapan pada rekayasa lalu lintas, parkir, dan sirkulasi tamu undangan.

“Kepala negara ini kan yang mantu jadi pasti tamunya luar biasa banyak,” ujarnya ditemui wartawan  di ruang kerjanya, Senin (16/10/2017).

Untuk rekayasa lalu lintas, Eny mengatakan tengah disiapkan tim Dinas Perhubungan (Dishub). Yang jelas, Pemkot akan memberlakukan penutupan hingga pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di lingkungan kediaman Presiden.

Saat ini manajemen rekayasa lalu lintas tersebut masih disusun tim Dishub. Sedangkan lokasi parkir tamu undangan, Pemkot menyiapkan tiga kantong parkir, yakni Stadion Manahan, Lapangan Sumber, dan Lapangan Banyuanyar.

Di masing-masing lokasi tersebut Pemkot akan melengkapi toilet portable serta petugas penjaga kebersihan. “Jadi nanti lahan parkir kita fasilitasi penerangan dan toilet portable,” katanya tanpa memerinci lebih jauh berapa unit toilet portable yang disiapkan tersebut.

Eny mengatakan persiapan lain akan dimatangkan dan dirapatkan lagi dengan instansi lain maupun keluarga Presiden. Rapat akan dilaksanakan pada H-7 pernikahan.

Di sisi lain, Eny mengatakan Pemkot juga mempercantik wajah Kota Solo seperti penataan taman hingga tambal sulam jalan berlubang menjelang pernikahan Kahiyang. “Nanti itu dinas teknis yang akan melaksanakan,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo Hasta Gunawan mengatakan taman-taman di jalur yang menuju lokasi pernikahan akan ditata ulang, termasuk beberapa ruas jalan yang diperkirakan menjadi jalur tamu undangan seperti Jl. Adi Sucipto, Jl. Ki Mangun Sarkoro, Jl. Adisumarmo, serta Jl. Letjen Suprapto.

“Jalur yang nanti dilalui [tamu undangan] akan kami tata, termasuk tamannya juga dipercantik,” katanya. (Baca: Dekorasi Pernikahan Kahiyang Berkonsep Jawa Klasik Dihiasi Bunga)

Selain taman, Hasta menambahkan lapangan Sumber dan Banyunyar juga akan dilakukan penataan. Meskipun kini kondisi kedua lapangan tersebut siap digunakan sebagai lokasi parkir bagi kendaraan tamu undangan.

Menurutnya, Pemkot hanya perlu menambah penerangan jalan umum (PJU) sementara di kedua lapangan tersebut. Masing-masing lapangan dibutuhkan setidaknya enam lampu PJU.

“Kondisi lapangan kan memang belum ada penerangan. Jadi kalau memang akan digunakan sebagai kantong parkir, harus diberi penerangan sementara,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya