PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : 2 Lapangan Ini Jadi Lokasi Parkir Tamu Undangan Mantenan Kahiyang

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : 2 Lapangan Ini Jadi Lokasi Parkir Tamu Undangan Mantenan Kahiyang

SOLOPOS.COM - Pemilik Asmoro Decoration, Ranu Asmoro, 35, menunjukkan desain dekorasi pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution yang dibuat timya dicKantor Asmoro Decoration, Jl. Kawung I, Premulung, Kelurahan Sondakan, Laweyan, Solo, Senin (16/10/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Pemkot Solo terus membenahi fasilitas umum menjelang pernikahan putri Jokowi, Kahiyang Ayu.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mematangkan persiapan menjelang pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution pada 8 November mendatang.

Persiapan tersebut mulai dari rekayasa lalu lintas, kantong parkir hingga sirkulasi tamu undangan. Asisten Administrasi Umum Setda Pemkot Solo, Eny Tyasni Suzana, menerangkan Pemkot hanya menyiapkan fasilitas umum (fasum) dalam hajatan Presiden. Utamanya persiapan pada rekayasa lalu lintas, parkir, dan sirkulasi tamu undangan.

“Kepala negara ini kan yang mantu jadi pasti tamunya luar biasa banyak,” ujarnya ditemui wartawan  di ruang kerjanya, Senin (16/10/2017).

Untuk rekayasa lalu lintas, Eny mengatakan tengah disiapkan tim Dinas Perhubungan (Dishub). Yang jelas, Pemkot akan memberlakukan penutupan hingga pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di lingkungan kediaman Presiden.

Saat ini manajemen rekayasa lalu lintas tersebut masih disusun tim Dishub. Sedangkan lokasi parkir tamu undangan, Pemkot menyiapkan tiga kantong parkir, yakni Stadion Manahan, Lapangan Sumber, dan Lapangan Banyuanyar.

Di masing-masing lokasi tersebut Pemkot akan melengkapi toilet portable serta petugas penjaga kebersihan. “Jadi nanti lahan parkir kita fasilitasi penerangan dan toilet portable,” katanya tanpa memerinci lebih jauh berapa unit toilet portable yang disiapkan tersebut.

Eny mengatakan persiapan lain akan dimatangkan dan dirapatkan lagi dengan instansi lain maupun keluarga Presiden. Rapat akan dilaksanakan pada H-7 pernikahan.

Di sisi lain, Eny mengatakan Pemkot juga mempercantik wajah Kota Solo seperti penataan taman hingga tambal sulam jalan berlubang menjelang pernikahan Kahiyang. “Nanti itu dinas teknis yang akan melaksanakan,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo Hasta Gunawan mengatakan taman-taman di jalur yang menuju lokasi pernikahan akan ditata ulang, termasuk beberapa ruas jalan yang diperkirakan menjadi jalur tamu undangan seperti Jl. Adi Sucipto, Jl. Ki Mangun Sarkoro, Jl. Adisumarmo, serta Jl. Letjen Suprapto.

“Jalur yang nanti dilalui [tamu undangan] akan kami tata, termasuk tamannya juga dipercantik,” katanya. (Baca: Dekorasi Pernikahan Kahiyang Berkonsep Jawa Klasik Dihiasi Bunga)

Selain taman, Hasta menambahkan lapangan Sumber dan Banyunyar juga akan dilakukan penataan. Meskipun kini kondisi kedua lapangan tersebut siap digunakan sebagai lokasi parkir bagi kendaraan tamu undangan.

Menurutnya, Pemkot hanya perlu menambah penerangan jalan umum (PJU) sementara di kedua lapangan tersebut. Masing-masing lapangan dibutuhkan setidaknya enam lampu PJU.

“Kondisi lapangan kan memang belum ada penerangan. Jadi kalau memang akan digunakan sebagai kantong parkir, harus diberi penerangan sementara,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Bantuan Sosial Jateng Akhirnya Cair dalam Program Keluarga Harapan

Setelah tertunda tanpa kepastian jelas, Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan atau bansos PKH Jateng akhirnya dinyatakan bakal dicairkan.

Alumni Kirimi Rektor UI Karangan Bunga, Pesannya Bikin Ngakak

Deretan karangan bunga membanjiri kampus Universitas Indonesia dengan ucapan sindiran bagi Rektor UI yang ucapannya bikin ngakak.

Jokowi Bilang Bantuan Beras PPKM Tak Usik Stok Pangan

Presiden Jokowi memastikan bantuan beras yang dikucurkan pemerintah PPKM tidak akan mengganggu stok pangan nasional.

Begini Cuci Tangan Shopee Indonesia soal Demo Tolak PPKM

Shopee Indonesia menegaskan tidak terlibat dalam rencana demo tolak PPKM yang digagas pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Begini Reaksi Jokowi saat Obat Covid-19 di Apotek Habis

Sebuah video menunjukkan Presiden Joko Widodo alias Jokowi melakukan sidak ke apotek dan mengetahui obat Covid-19 di apotek habis.

Mitra Ojol Rancang Demo Tolak PPKM, Operator Cuci Tangan

Mitra operator aplikasi ojek online dikabarkan merancang demo menolak PPKM namun operator aplikasi transportasi online cuci tangan.

Zodiak Ini Sulit Menerima Perpisahan

Tidak semua hubungan berakhir dengan bahagia, namun, astrologi barat menengarai ada insan dengan zodiak yang sulit menerima perpisahan.

Karyawan Hotel & Restoran di Garut Dapat Bansos

Karyawan hotel dan restoran anggota PHRI di Garut mengibarkan bendera putih setelah terdampak PPKM dan mulai menerima bantuan sosial nasional.

Korban Tewas Banjir di China Jadi 51 Orang

Warga terdampak bencana alam di Republik Rakyat Tiongkok semakin transparan, padahal topan disertai hujan dan banjir masih mengancam China.

Api Olimpiade Tokyo 2020 Sudah Menyala, Ini Jadwal Atlet Indonesia Sabtu 24 Juli

Petenis asal Jepang dan juara empat kali Grand Slam, Naomi Osaka, dipercaya menjadi penyulut api Olimpiade Tokyo 2020.

Luhut Pandjaitan Kenalkan Laptop Merah Putih Bikinan Lokal

Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan mengenalkan laptop Merah Putih bikinan dalam negeri yang memperkuat industri teknologi informasi.

Tetap Waspada! 43 Desa Di Karanganyar Endemis Demam Berdarah

Sebanyak 43 desa di seluruh wilayah Kabupaten Karanganyar terkategori sebagai wilayah endemis demam berdarah dengue atau DBD