Tutup Iklan

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : 2 Lapangan Ini Jadi Lokasi Parkir Tamu Undangan Mantenan Kahiyang

PERNIKAHAN PUTRI JOKOWI : 2 Lapangan Ini Jadi Lokasi Parkir Tamu Undangan Mantenan Kahiyang

SOLOPOS.COM - Pemilik Asmoro Decoration, Ranu Asmoro, 35, menunjukkan desain dekorasi pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution yang dibuat timya dicKantor Asmoro Decoration, Jl. Kawung I, Premulung, Kelurahan Sondakan, Laweyan, Solo, Senin (16/10/2017). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Pemkot Solo terus membenahi fasilitas umum menjelang pernikahan putri Jokowi, Kahiyang Ayu.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mematangkan persiapan menjelang pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution pada 8 November mendatang.

Persiapan tersebut mulai dari rekayasa lalu lintas, kantong parkir hingga sirkulasi tamu undangan. Asisten Administrasi Umum Setda Pemkot Solo, Eny Tyasni Suzana, menerangkan Pemkot hanya menyiapkan fasilitas umum (fasum) dalam hajatan Presiden. Utamanya persiapan pada rekayasa lalu lintas, parkir, dan sirkulasi tamu undangan.

“Kepala negara ini kan yang mantu jadi pasti tamunya luar biasa banyak,” ujarnya ditemui wartawan  di ruang kerjanya, Senin (16/10/2017).

Untuk rekayasa lalu lintas, Eny mengatakan tengah disiapkan tim Dinas Perhubungan (Dishub). Yang jelas, Pemkot akan memberlakukan penutupan hingga pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di lingkungan kediaman Presiden.

Saat ini manajemen rekayasa lalu lintas tersebut masih disusun tim Dishub. Sedangkan lokasi parkir tamu undangan, Pemkot menyiapkan tiga kantong parkir, yakni Stadion Manahan, Lapangan Sumber, dan Lapangan Banyuanyar.

Di masing-masing lokasi tersebut Pemkot akan melengkapi toilet portable serta petugas penjaga kebersihan. “Jadi nanti lahan parkir kita fasilitasi penerangan dan toilet portable,” katanya tanpa memerinci lebih jauh berapa unit toilet portable yang disiapkan tersebut.

Eny mengatakan persiapan lain akan dimatangkan dan dirapatkan lagi dengan instansi lain maupun keluarga Presiden. Rapat akan dilaksanakan pada H-7 pernikahan.

Di sisi lain, Eny mengatakan Pemkot juga mempercantik wajah Kota Solo seperti penataan taman hingga tambal sulam jalan berlubang menjelang pernikahan Kahiyang. “Nanti itu dinas teknis yang akan melaksanakan,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo Hasta Gunawan mengatakan taman-taman di jalur yang menuju lokasi pernikahan akan ditata ulang, termasuk beberapa ruas jalan yang diperkirakan menjadi jalur tamu undangan seperti Jl. Adi Sucipto, Jl. Ki Mangun Sarkoro, Jl. Adisumarmo, serta Jl. Letjen Suprapto.

“Jalur yang nanti dilalui [tamu undangan] akan kami tata, termasuk tamannya juga dipercantik,” katanya. (Baca: Dekorasi Pernikahan Kahiyang Berkonsep Jawa Klasik Dihiasi Bunga)

Selain taman, Hasta menambahkan lapangan Sumber dan Banyunyar juga akan dilakukan penataan. Meskipun kini kondisi kedua lapangan tersebut siap digunakan sebagai lokasi parkir bagi kendaraan tamu undangan.

Menurutnya, Pemkot hanya perlu menambah penerangan jalan umum (PJU) sementara di kedua lapangan tersebut. Masing-masing lapangan dibutuhkan setidaknya enam lampu PJU.

“Kondisi lapangan kan memang belum ada penerangan. Jadi kalau memang akan digunakan sebagai kantong parkir, harus diberi penerangan sementara,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.