SOLOPOS.COM - Pengayuh becak berseliweran mengangkut tamu undangan saat pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (11/12/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Para tukang becak di Kota Solo panen rezeki hingga berlipat ganda saat acara tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (11/12/2022). Mereka bisa mengantongi hingga ratusan ribu rupiah dibanding hari biasanya yang lebih sering di bawah Rp100.000 sehari.

Para tukang becak dilibatkan untuk mengantar dan menjemput para tamu undangan yang menghadiri resepsi nikahan putra bungsu Presiden Jokowi itu. Mereka membawa tamu dari lokasi parkir di sekitar Stadion Manahan dan Benteng Vastenburg.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pantauan Solopos.com, Minggu, para pengayuh becak tampak berseliweran di sekitar Pura Mangkunegaran. Mereka mengangkut tamu undangan yang memarkirkan kendaraan dari sekitar Stadion Manahan menuju Pura Mangkunegaran.

Setelah menurunkan penumpang, para pengayuh becak itu kembali ke lokasi awal. Panitia menyiapkan 400 becak dan 35 andong untuk mengangkut tamu undangan dari sekitar Stadion Manahan dan Benteng Vastenburg menuju Pura Mangkunegaran.

Para pengayuh becak itu rela menunggu tamu undangan di kawasan Ngarsapura tepatnya di depan pintu gerbang Pura Mangkunegaran. Mereka berjejer di pinggir jalan sembari menunggu acara tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina yang dijadwalkan rampung pada pukul 13.00 WIB.

 

Seorang pengayuh becak, Sunardi, mengakui ketiban rezeki berlipat ganda dari acara hajatan Presiden Jokowi itu. Sunardi mengaku bisa mendapatkan penghasilan ratusan ribu rupiah saat acara tersebut.

“Biasanya, di bawah Rp100.00. Paling Rp50.000 sampai Rp75.000 per hari. Kalau sekarang mungkin tiga kali lipat-lima kali lipatnya. Ini kan belum selesai, nanti malam masih dilanjutkan acaranya. Kami juga mengantar tamu undangan lagi ke Mangkunegaran,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu.

Dia mengaku senang transportasi tradisional seperti becak dilibatkan dalam pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Para pengayuh becak ikut mangayubagyo pernikahan Kaesang-Erina berjalan lancar dan sukses.

 

Hal senada diungkapkan pengayuh becak lainnya, Darmadi. Dia mengaku sudah bolak-balik menuju Mangkunegaran sejak pukul 08.00 WIB. Penghasilan yang didapat pun lebih besar dibanding hari biasa.

Dia mengucapkan terima kasih kepada keluarga Presiden Jokowi yang memerhatikan nasib kalangan akar rumput seperti pengayuh becak. “Maturnuwun Pak Jokowi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya