SOLOPOS.COM - Pelaku usaha penyewaan papan bunga di Kotabaru, Gondokusuman menunjukkan sejumlah pesananan papan bunga yang telah dirangkai, Rabu (7/12/2022). - Istimewa

Solopos.com, JOGJA – Pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gundono, rupanya memberikan dampak positif bagi pengusaha karangan bunga di Kota Jogja. Para perajin karangan bunga di Kota Jogja, tepatnya yang berada di Jalan Ahmad Jazuli, Kota Baru, pun kebanjiran order mulai dari para menteri hingga pejabat publik.

Seperti diketahui, Kaesang dan Erina akan melangsungkan acara pernikahan di Yogyakarta, yang merupakan daerah asal calon mempelai perempuan. Akad nikah rencana digelar di Pendapa Agung Royal Ambarrukmo Hotel, Sleman.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Lokasi pernikahan Kaesang-Erina di Yogyakarta ini rupanya memberikan efek positif bagi sejumlah kalangan, salah satunya perajin karangan bunga. Mereka mulai kebanjiran pesanan dari berbagai kalangan untuk dikirimkan saat hari pernikahan Kaesang-Erina.

Pemilik Toko Bunga Ratnasari, Yuli Santoso, menjelaskan sejumlah pesanan dari para menteri mulai berdatangan ke tempatnya untuk ucapan selamat atas pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Usaha papan bunganya memang kerap jadi langganan para pejabat saat ada acara penting.

Ekspedisi Mudik 2024

“Untuk pesanan memang sudah ada yang masuk beberapa, sementara ini baru dari tingkat menteri,” katanya, Rabu (7/12/2022).

Baca juga: Ini Daftar Seniman Pengisi 9 Panggung Hiburan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

Yuli menyebut lantaran acara pernikahan digelar di dua lokasi yakni Solo dan Jogja, kemungkinan pesanan dari kalangan DPR dan pengusaha datang pada H-1 acara. Tempatnya sudah jadi langganan dari para menteri dan pejabat pusat.

“Mungkin H-1 orderan akan jauh lebih banyak. Kalau menteri pastinya lebih cepat, tapi perusahaan dan yang lain kan masih bingung antara kirim di Jogja atau Solo,” ujar dia.

Ukuran Besar

Menurut Yuli, pesanan papan bunga yang datang semuanya berukuran besar dan di atas rata-rata papan bunga biasa. Ukurannya yakni 2,5 x 2 meter yang dibanderol seharga Rp1 juta hingga Rp2,5 juta.

“Beberapa menteri memang sudah ada yang langganan dan biasa pesan ke saya, kurang lebih 30 persen menteri ada saya pegang,” katanya.

Baca juga: Erick Thohir, Bahlil dan Gibran Cek Lokasi Pesta Rakyat Nikah Kaesang-Erina

Dia juga mengirim papan bunga ke Solo. Di Jogja papan bunga akan ditempatkan di Hotel Royal Ambarrukmo sementara di Solo akan diletakkan di Pura Mangkunegaran.

“Nanti yang Jogja saya kirim tanggal 9 malam karena aturannya beberapa hari sebelum itu, lokasi harus steril, kalau di Solo tanggal 10 malam sudah dikirim. Yang Solo saya kirim langsung ke sana juga karena banyak yang pesan jadi bisa menutup untuk biaya ongkos,” jelasnya.

Yuli menambahkan pernikahan Kaesang-Erina sedikit banyak membawa berkah kepada para pelaku usaha penyewaan papan bunga. Ia mengeklaim bahwa sejumlah pelaku usaha lain di kawasan sekitar juga kecipratan rezeki.

“Dampaknya ya lumayan, yang sudah langganan atau yang tidak saya rasa kedapatan semua. Pengalaman sebelumnya, yang waktu nikahan Mas Gibran dan waktu Pak Jokowi berduka, penjual bunga di Semarang, Solo, dan Jogja dapat pesanan semua,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya