SOLOPOS.COM - Polisi militer dan polisi lalu lintas mengamankan jalur steril di Jl. Letjen Suprapto yang dilintasi tamu VVIP yang menghadiri pernikahan Gibran-Selvi di Graha Saba Buwana, Solo, Kamis (11) malam. (Sunaryo Haryo Bayu)

Pernikahan Gibran-Selvi membuat Solo sibuk luar biasa.

Solopos.com, SOLO — Pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dan Putri Solo 2009, Selvi Ananda, di Grha Sabha Buwana, Kamis (11/6/2015), membuat Solo sibuk. Arus lalu lintas yang biasa melintas di seputaran lokasi acara dialihkan, sementara angkutan dari dan ke Solo harus ditambah.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Solopos.com mencatat PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah tiga kereta dalam satu rangkaian kereta api kelas eksekutif. Penambahan kapasitas penumpang kereta api itu dilakukan PT KAI demi mengantar sukarelawan Jokowi dari Jakarta menuju ke Solo.

Sementara itu, 24 pesawat carter digunakan pejabat negara dan tokoh penting untuk datang ke resepsi pernikahan Gibran-Selvi. Namun, 18 pesawat carter menginap di parking stand Bandara Adi Soemarmo Solo.

Quality Management and Customer Sevice PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Rini Sri Rahayu, mengungkapkan ke-24 pesawat carter yang mendarat di Solo itu antara lain ditumpangi Presiden ke-5 yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, dan lainnya. Menurut dia, kebanyakan pejabat negara tersebut langsung kembali ke Jakarta seusai menghadiri resepsi.

Penumpang pesawat-pesawat carter itu melengkapi data 5.000-an penumpang yang turun di Bandara Adi Soemarmo, sepanjang hari Kamis. General Manager Branch Office Garuda Indonesia Solo, Supriyono, menyampaikan selama tiga hari, Rabu-Jumat (10-12/6), rute Jakarta-Solo PP dilayani pesawat Airbus 330 seri 300. Rata-rata load factor atau angka keterisian kursi mencapai lebih dari 95% dari total 257 kursi yang disediakan.

“Rabu-Kamis [10-11/6] kebanyakan penumpang itu inbond [masuk ke Solo] sedangkan pada Jumat [12/6] kebanyakan outbond. Kebanyakan penumpang merupakan tamu Pak Jokowi, kalau pejabat negara kebanyakan tiba di Solo hari ini [Kamis],” terang Supriyono.

Menurut dia, tingginya permintaan ini selain karena tamu Presiden juga bersamaan dengan pelaksanaan tradisi nyadran. Namun dia mengatakan hingga saat ini belum ada rencana perpanjangan pengoperasionalan pesawat Airbus tersebut. Dia menyampaikan pada Sabtu-Minggu (13-14/6) permintaan tinggi tapi masih mampu ditampung dengan pesawat jenis Boeing 737.

Untuk tamu-tamu Presiden Jokowi itu pula, lebih dari 10 mobil mewah disewakan guna mengantar mereka selama di Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya