SOLOPOS.COM - Suasana resepsi pernikahan Gibran Rakabuming Raka-Selvi Ananda di Graha Saba Buana, Sumber, Solo, Kamis (11/6/2015). (Aditya Noviardi/JIBI/Solopos)

Pernikahan Gibran-Selvi dilengkapi menu berbahan daging kambing. Tengkleng adalah yang paling banyak diserbu.

Solopos.com, SOLO — Menghadiri resepsi pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda (Gibran-Selvi) belum sah jika tidak merasakan aneka makanan tradisional Jawa. Makanan itu disajikan oleh katering Chilli Pari secara prasmanan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Bisnis/JIBI di Gedung Graha Saba Buana, ada berbagai jenis makanan khas Solo seperti timlo, selat solo, nasi liwet, garang asem, tengkleng, kambing guling, martabak telur, martabak manis, buah segar, hingga minuman ringan.

Dari sekian banyak jenis makanan yang tersaji, yang paling ramai diburu tamu adalah tengkleng atau tulang belulang kambing yang dimasak ala gulai. Bahkan, mereka cukup lama mengantre untuk bisa mendapatkan semangkuk kecil tengkleng dengan kuah segar.

Tengkleng memang cocok disantap di tengah cuaca panas. Campuran rempah juga menghasilkan kuah kaldu yang banyak dicari para tamu. Alhasil, sebelum acara resepsi kloter pertama rampung siang ini, tengkleng Chilli Pari sudah ludes disantap.

Menu kedua yang banyak dicari adalah kambing guling. Daging kambing panggang ini dimasak kembali sehingga mirip dengan tongseng. Daging kambing hangat berwarna cokelat disajikan dalam piring lepek bertabur irisan daun kol, irisan bawang merah, potongan tomat, dan sambal kecap.

Meskipun tidak seramai antrean menu tengkleng, kambing guling juga banyak dicari oleh para tamu. Menu ini jadi pilihan alternatif lantaran tengkleng yang paling diburu sudah habis. Sampai akhir acara jamuan, menu ini masih tersedia.

Menu yang juga favorit adalah kudapan martabak telur dan martabak delapan rasa atau dikenal dengan nama Markobar, singkatan dari Martabak Kottabarat. Martabak ini pada dasarnya mirip dengan martabak manis lainnya. Di tempat itu juga diperlihatkan cara memasak dengan aneka perlengkapan dapur.

Menu makanan lainnya juga tetap diburu oleh tamu meski tak seheboh tengkleng dan kambing guling. Di antaranya nasi rames tumpeng campuran nasi kuning dan nasi putih dengan lauk sambal goreng, telur, kentang goreng, dan suwiran ayam. Dengan porsi yang kecil, masih bisa memungkinkan mencicipi kuliner yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya