Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK, Istana Bantah Terkait Politik

Terkait pernikahan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi dengan Ketua MK, terkadang orang sulit membedakan urusan pribadi dengan urusan negara.

 Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin membantah adanya isu politik dalam pernikahan adik Presiden Jokowi dengan Ketua MK. (Wahyu Prakoso/Solopos)

SOLOPOS.COM - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin membantah adanya isu politik dalam pernikahan adik Presiden Jokowi dengan Ketua MK. (Wahyu Prakoso/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera selesai. Terkait pernikahan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi dengan Ketua MK, terkadang orang sulit membedakan urusan pribadi dengan urusan negara.

Hal itu disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin saat ditanya wartawan mengenai adanya kepentingan politik pada pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman di Solo, Kamis (26/5/2022).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

“Kepentingan politik apalagi? Pak Jokowi akan segera selesai [jabatannya]. Kemarin memang muncul itu. Orang susah membedakan urusan privat, urusan privasi, urusan pribadi, urusan keluarga dengan urusan negara,” katanya.

Dia mengklaim Anwar merupakan sosok pejabat tinggi negara yang memiliki watak yang baik. Sebagai contoh Anwar saat menjabat Ketua MK tidak bertemu dengan pejabat lain berdua namun minimal bertiga.

“Namun saya tidak pernah bertemu di luar kecuali di Istana Negara. Kalau orang menyebutkan perkawinan politik apanya lagi dengan Jokowi. Pak Jokowi sudah selesai. MK harus dijaga dan sosok Pak Anwar sebagai seorang laki-laki mempersunting perempuan Jawa Solo ini merupakan Rahmat berkah luar biasa. Mari dengan akal yang sehat. Berprasangka yang baik, ” ungkapnya.

Baca Juga: Sah Suami Istri! Ini Mahar Pernikahan Adik Jokowi & Ketua MK

Menurut dia, pernikahan itu merupakan satu kegiatan yang telah diperintahkan agama menjadi sesuatu mulia dan bagian dari ibadah. Anwar sadar tidak ada yang menghalangi jodoh manusia karena merupakan kuasa Allah mempertemukan dua insan manusia.

“Dua kultur yang luar biasa perbedaannya Mbakyu [adik Jokowi] ini orang Solo sangat klasik Jawanya. Ditambah satunya lihat jambangnya seperti saya, dengan muka posturnya itu hlo orang tegas, orang berani, dan pelindung. Saya bukan kenal sehari dua hari sama Pak Anwar. Setelah menjadi ketua MK sekalipun tidak pernah kecuali mondar-mandir di Istana Negara sering ketemu dan sangat akrab,” paparnya.

“Karena itu kami doakan ingin semoga pengalaman antara mbak yu dan pak Prof Anwar menjadi soko guru terpenting dengan rahmat, kasih sayang, waradah dan warahmah. Kemurahan Allah mewarnai kehidupan nya karena berangkat dari pengalaman masing masing usia yang matang,” ujarnya.

Baca Juga: Dua Saksi Pernikahan Adik Jokowi Sudah Tiba Satu Jam Sebelum Akad Nikah

Sebelumnya, ketika rencana pernikahan Anwar Usman dan adik Jokowi merebak, yang menjadi sorotan adalah konflik kepentingan. Anwar disarankan mundur dari jabatannya sebagai Ketua MK untuk menghindari konflik kepentingan.

“Demi cinta kepada MK dan pujaan hati harusnya mundur [dari Ketua MK]. karena potensi konflik kepentingan akan membuat orang berprasangka dengan putusan MK,” kata Direktur Pusat Studi Konstitusi Feri Amsari saat dihubungi, Selasa (22/3/2022).

Dia menjelaskan pernikahan tersebut menimbulkan dampak ketatanegaraan. Bagaimanapun, Ketua MK akan menyidangkan perkara-perkara yang berkaitan dengan presiden dan kepentingan politik kepala negara. Contohnya yang saat ini sedang berlangsung adalah pengujian Undang Undang (UU) Ibu Kota Negara.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Walah! Ternyata Banyak Warga Solo Yang Belum Tahu Aplikasi MyPertamina

Sejumlah warga Solo mengaku belum mengetahui ada aplikasi MyPertamina maupun cara menggunakanya.

Berputar 2 Menitan, Puting Beliung Terjang Ngargoyoso Karanganyar

Puting beliung yang bertiup selama kurang lebih dua menit mengakibatkan satu rumah warga Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, rusak di bagian atap.

3.144 Orang Langgar Aturan Lalin Selama Operasi Patuh 2022 di Wonogiri

Selama Operasi Patuh Candi 2022 di Kabupaten Wonogiri, sebanyak 3.144 orang melanggar peraturan lalu lintas.

PPDB SMA Solo: Laweyan Tak Ada Kelas Virtual, Ini Alasan Disdik Jateng

Disdik Jateng mengaku belum ada kelas virtual untuk para calon siswa di Kecamatan Laweyan, Solo, yang tidak memiliki SMA negeri, apa alasannya?

Cadas! Nyanyi Di Sukoharjo, Eks Vokalis Boomerang Panjat Tiang 15 Meter

Penyanyi rock kawakan eks vokalis Boomerang, Roy Jeconiah, melakukan aksi tak biasa saat manggung di Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo, Minggu (3/7/2022).

Disdik Jateng: Tak Ada Zonasi Khusus PPDB Pasar Kliwon-Laweyan Solo

Disdik Jateng memastikan tidak ada zonasi khusus untuk wilayah kecamatan yang tidak memiliki SMA negeri seperti Pasar Kliwon dan Laweyan, Kota Solo, pada PPDB tahun ini.

Geramnya Gibran Soal Pelecehan Seksual JKT 48: The Park Itu Bukan Solo!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan klarifikasi ihwal penyebutan Solo sebagai lokasi insiden pelecehan seksual yang dialami personel JKT48 saat konser.

Alasan Rudy Solo Sebut Ganjar Pranowo Presiden ke-8 RI

Inilah alasan di balik pernyataan Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang menyebut Ganjar Pranowo menjadi presiden kedelapan RI.

Soal Pilpres 2024, Rudy Solo: Golek Presiden Angel, Nganggo Mitos Wae

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mendoakan Ketua Umum DPP PDIP agar mempercayai mitos dalam menentukan capres di pilpres 2024.

Rumus Otak-Atik Gatuk Rudy Solo Sebut Ganjar Pranowo Presiden ke-8

Inilah rumus otak-atik gatuk ala Rudy yang dengan lantang menyebut Ganjar Pranowo sebagai presiden kedelapan RI.

Bermalam di Jl. Mayor Kusmanto Demi Jaga Lapak Jualan di CFD Klaten

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, menjelaskan PKL hanya diperbolehkan menempati kawasan paving di kedua sisi Jl. Mayor Kusmanto.

Lantang! Rudy Solo: Ganjar Pranowo Presiden ke-8 RI

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, memprediksi Ganjar Pranowo menjadi presiden kedelapan RI.

Warga Sragen Meninggal Tak Wajar: Mayat Sujud Tapi Kepala Masuk Ember

Warga Sragen diduga meninggal secara tak wajar karena posisi mayatnya seperti sujud, namun kepalanya berada di dalam ember di kamar mandi.

Makam Jenazah Warga Sragen Dibongkar, Meninggal Tak Wajar?

Jenazah warga Sragen yang diduga meninggal tak wajar diautopsi setelah kuburannya dibongkar.

Sang Legenda! Naik Damar Sasongko Solo-Sukoharjo Serasa Bus Perang

Bus perintis Solo-Jatipuro, Damar Sasongko, merupakan sang legenda di Sukoharjo yang memacu adrenalin penumpang karena serasa menumpang bus perang.