Ilustrasi minuman serbuk Finto (Pictagram)

Solopos.com, SOLO – Ada berbagai kisah unik yang layak dikenang bagi orang yang tumbuh di era 1990-an. Zaman tersebut memang tidak semodern saat ini. Meski demikian, banyak hal unik yang tentu bakal menggelitik jika diceritakan kembali.

Salah satu kisah unik dari generasi 1990-an adalah populernya minuman bersoda yang merupakan tiruan dari merek terkenal, seperti Sprite, Fanta, dan Coca-Cola. Adapun minuman tiruannya diberi nama Finto, Sprata, dan Kola-Kola.

Minuman bersoda tiruan itu dikemas dalam bentuk serbuk yang dijual dengan harga terjangkau. Meski tak seenak rasa aslinya, minuman bersoda tiruan itu menjadi favorit di kalangan pelajar era 1990-an. Minuman tersebut sering dijual di kantin sekolah maupun warung pinggir jalan.

Minuman Finto, Sprata, dan Kola-Kola itu disajikan di plastik bening lengkap dengan es yang sangat menyegarkan. Minuman tersebut sangat cocok diminum untuk melepas dahaga saat cuaca panas begitu menyengat.

Kenangan tentang Finto, Sprata, dan Kola-Kola bangkit berkat foto kemasan minuman bersoda yang diunggah pemilik akun Twitter @info_lingkungan, Kamis (9/5/2019). Si pemilik akun menyebut ketiga minuman itu biasa dibeli anak-anak kurang mampu. “Minuman anak-anak kurang mampu,” tulis @info_lingkungan sebagai keterangan foto yang dibanjiri komentar netizen.

Sejumlah warganet bernostalgia tentang pengalaman unik masing-masing saat menyeruput minuman bersoda tiruan itu lewat kolom komentar. Mayoritas netizen ternyata pernah mencicipi minuman tersebut yang sudah dianggap mahal pada zamannya.

“Saya yakin yang pernah minum itu masa kecilnya indah banget,” komentar @pangsitrebus1.

“Habis olahraga tiap hari pulangnya minum Kola-Kola pas SD,” kenang @rikisuryaman5.

“Finto enak diminum pas habis main bola, wkwkwkw,” lanjut @sweetestimika.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten