SOLOPOS.COM - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menunjukkan program kerjanya kepada Gibran Rakabuming Raka, di Warung Pecel Solo, Rabu (4/3/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Menteri Sosial atau Mensos Kabinet Indonesia Maju yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo, Rabu (23/12/2020), Tri Rismaharini atau Risma, pernah makan dan mengobrol bareng Gibran Rakabuming Raka di Solo, awal Maret 2020 lalu.

Mereka bertemu di Warung Makan Pecel Solo. Selain makan bersama, Risma memberikan banyak nasihat, motivasi dan membagikan sejumlah program kerjanya selama menjadi Wali Kota Surabaya kepada Gibran.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bahkan Risma menyalakan laptopnya selama memberikan penjelasan ihwal program kerjanya. Sedangkan Gibran terlihat sangat antusias menyimak penjelasan seniornya dari PDIP itu. Dalam beberapa kesempatan Gibran memang sangat ingin belajar kepada Risma.

11 Warga Satu RT Di Sragen Wetan Positif Covid-19, Termasuk Ketuanya

Ekspedisi Mudik 2024

Salah satu program yang ingin Gibran tiru dari Mensos Risma adalah penataan Kota Surabaya. Dalam pandangan Gibran, Risma adalah salah satu kepala daerah yang sukses menata dan membangun daerahnya.

Figur lain yang Gibran nilai berhasil yaitu Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. Ketika itu kepada wartawan Gibran mengaku mendapat banyak pelajaran dari pertemuannya dengan Risma. Bahkan ia menyebut pertemuan siang itu seperti kuliah singkat.

Dari pertemuan itu Gibran menyatakan ada beberapa program yang bisa ia pakai nanti ketika menjadi Wali Kota Solo. “Tadi cuma makan siang, sekaligus kosultasi dengan Bu Risma. Dijelaskan bagaimana UMKM Surabaya bertumbuh, didampingi masalah branding, packaging dan pemasaran. Ada juga materi tentang urban farming. Makan pecel sekaligus kuliah,” ungkap Gibran seusai pertemuan itu.

Peserta Seleksi Perdes Karanganyar Mengadu Ke Ombudsman, Ada Apa?

Terjun Ke Lapangan

Gibran sempat memuji kiprah Mensos Risma yang saat menjadi kepala daerah mau terjun langsung ke lapangan untuk memahami berbagai persoalan warga. Dari aktivitas terjun langsung ke lapangan tersebut Risma lantas mencarikan solusi dari berbagai masalah itu.

Pertemuan sambil makan pecel dengan Risma saat itu merupakan Gibran ketika mengetahui Risma datang ke Solo. Saat itu kebetulan Risma menghadiri kegiatan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Setelah pertemuan itu Gibran berjanji akan berkunjung ke Surabaya.

2 Hari Tambah 189 Kasus, Kumulatif Positif Covid-19 Solo Tembus 4.100

Sedangkan Risma menilai Gibran sebagai sosok yang muda, energik, dan penuh semangat. Selain memberikan penjelasan sejumlah program kerjanya di Surabaya, Risma juga mengapresiasi semangat putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut dalam belajar.

Risma senang dengan adanya kesempatan bagi kader-kader muda untuk berkembang. “Kalau anak mudanya tumbuh, tertarik ke partai, bisa jadi kader politik legislatif juga eksekutif, akan membawa wajah baru. Karena saya pun belajar dari anak-anak muda,” kata Risma saat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya