SOLOPOS.COM - Penampakan Avanza versi Korea Utara. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Mobil sejuta umat di Indonesia, Toyota Avanza, ternyata juga mengisi segmen pasar MPV di Korea Utara. Mobil ini dikenal dengan nama Ppeokkuggi 1509 di negara yang dipimpin diktator Kim Jong Un.

Orang Jepang Bingung Lihat Desain Mobil Kijang Innova di Indonesia

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Toyota Avanza tak cuma dipasarkan di Indonesia. Di Korea Utara Toyota Avanza juga dipasarkan namun dengan nama yang berbeda. Toyota Avanza di Korea Utara dikenal dengan nama Ppeokkuggi 1509.

Hal ini terlihat dari unggahan China Motor Vehicle Documentation Centre. Mobil ini diproduksi oleh pabrikan bernama Pyeonghwa Motor. Perusahaan ini dikenal sering mengambil mobil pabrikan Cina dan kemudian di re-badge.

HPM Pertimbangkan Honda Jazz Terbaru Masuk Indonesia?

Sebelum diberikan nama Ppeokkuggi 1509, Pyeonghwa Motor mengambil mobil ini dari perusahaan Cina, FAW-Jilin. Di FAW-Jilin, mobil ini diberi nama FAW Jilin Senya S80.

Penamaan Senya S80 hampir mirip kan dengan lafal kembaran dari Toyota Avanza, yakni Daihatsu Xenia. Basis dari mobil ini memang diambil dari Xenia tetapi dari segi wajah sudah diubah sedemikian rupa karena pabrikan tersebut mengejar body SUV-looks.

Dari segi desain, Ppeokkuggi 1509 ini terlihat lebih gagah dibandingkan dengan Toyota Avanza yang ada di Indonesia.

Hyundai Kona dan Genesis G70 Raih Skor Tertinggi Kategori SUV

Ppeokkuggi 1509 ini memiliki spesifikasi mirip dengan Avanza-Xenia yakni mesin berkapasitas 1.500 cc. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu memproduksi tenaga hingga 107 dk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya