Pernah Dilaporkan ke Bareskrim, Sudarso Tak Henti Kritik Yusuf Mansur

Wartawan Thayyibah.com, Sudarso Arief Bakuama tak berhenti mengritik Ustaz Yusuf Mansur kendati dirinya pernah dilaporkan ke Mabes Polri.

 Wartawan Sudarso Arief Bakuama melakukan reportase di Hotel Siti yang kini sedang digugat ke Pengadilan Negeri Tangerang, beberapa waktu lalu. (Youtube Thayyibah Channel)

SOLOPOS.COM - Wartawan Sudarso Arief Bakuama melakukan reportase di Hotel Siti yang kini sedang digugat ke Pengadilan Negeri Tangerang, beberapa waktu lalu. (Youtube Thayyibah Channel)

Solopos.com, JAKARTA — Wartawan Thayyibah.com, Sudarso Arief Bakuama tak berhenti mengritik Ustaz Yusuf Mansur kendati dirinya pernah dilaporkan ke Mabes Polri pada 10 Maret 2020 oleh dai kondang tersebut.

Laporan itu akhirnya dicabut oleh Yusuf Mansur. Versi Yusuf Mansur, Sudarso yang memohon agar laporan itu dicabut. Namun Sudarso membantah keras pernyataan tersebut. Sudarso mengatakan pencabutan laporan dilakukan Yusuf Mansur atas inisiatifnya sendiri.

PromosiPusat Perayaan Waisak, Candi Borobudur Simpan Misteri Siapa Penguburnya

Kepada Solopos.com, Sabtu (22/1/2022), Sudarso bercerita tentang pelaporan dirinya pada Maret 2020. Penjelasan soal itu juga ia unggah di kanal Youtube Thayyibah Channel pada 14 Oktober 2021.

Baca Juga: Dua Penulis Buku Yusuf Mansur Tak Gentar Dilaporkan ke Polisi

“Saya dilaporkan atas tuduhan pencemaran nama baik melalui media elektronik. Ada dua hal yang dilaporkan yakni status Facebook saya pada 8 Maret 2020. Status Facebook itu mengutip berita di Gatra.com yang berjudul ‘Dari Hotel ke Klub Bola, Dusta Yusuf Mansur Diungkap’. Yang kedua akun Instagram yang sebenarnya bukan milik saya tapi memakai foto saya dan nyantumkan nomor HP saya,” ujar Sudarso, Sabtu (22/1/2022).

Sudarso menceritakan, pemeriksaan dilakukan selama kurang lebih tiga jam dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Ia mendapat informasi dari penyidik Bareskrim, sebelum pemanggilan dirinya Yusuf Mansur beberapa kali terlihat di markas Bareskrim Polri.

“Saya curiga jangan-jangan kedatangan Yusuf Mansur itu dalam rangka agar polisi cepat memanggil saya. Karena jeda antara pelaporan dengan pemeriksaannya kan cukup lama, lebih dari setahun,” tutur mantan wartawan Majalah Amanah tersebut.

Sudarso menegaskan dirinya tidak takut dilaporkan ke polisi. Ia meyakini apa yang dilakukannya benar. Alasannya karena apa yang dilakukan Yusuf Mansur dianggapnya membodohi dan menipu umat Islam, baik terkait sedekah maupun investasi.

Baca Juga: Hari Ke-30 Yasinan Yusuf Mansur, Warganet: Panik Gak Taz?

“Yusuf Mansur mengancam melaporkan orang-orang yang menyerang dia, baik yang di Youtube maupun yang di medsos lainnya. Setahu saya yang melaporkan dia banyak. Di Bareskrim itu tahun 2017 ada tiga orang, di Polda Jawa Timur lima orang, di Polda DIY satu orang, di Polres Bogor satu orang dan di Polres Solo satu orang. Kalau penulis buku yang mengritik setahu saya hanya tiga yaitu saya, Pak Heri (Heri Muhammad Yusuf, eks Gatra), dan Ustaz Tabrani. Tapi yang sudah dilaporkan baru saya,” katanya.

Sebelumnya, Yusuf Mansur mengancam melaporkan orang-orang yang dianggapnya menebar fitnah terhadap dirinya. Saat ini ia sedang melakukan istikharah selama 40 hari dengan menggelar yasinan di seluruh pondok pesantren yang diasuhnya.

Baca Juga: Merasa Diserang, Ustaz Yusuf Mansur Gerakkan Ribuan Santri Yasinan

“Nah yang gini-gini ini harus dilaporin. Kami sedang yasinan 40 hari, semua pondok pesantren dan rumah tahfiz. Bahkan yang di Hongkong dan Gaza. Ini yasinan untuk menentukan. Semua yang punya narasi pidana sudah diarsip dan diprofiling, baik akun Tiktok, Youtube dan lain-lain. Apalagi yang sudah bikin buku, bisa langsung dihajar itu sama tim hukum kami,” katanya seperti dikutip dari kanal Youtube Daqu Channel.

Namun, kata dia, jika ternyata setelah yasinan ada petunjuk dari Tuhan untuk tidak melanjutkan ke ranah hukum dirinya pun akan melaksanakannya.

Kini yasinan yang digelar Yusuf Mansur melibatkan santri di berbagai pondok Pesantren Daarul Quran telah melewati hari ke-30. Belum diketahui akan seperti apa langkah yang bakal ditempuh dai kondang itu setelah istikharah 40 hari usai.

 

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Elon Musk Akhirnya Ngetweet Soal Pertemuan dengan Jokowi, Ini Isinya

Elon Musk dalam kicauannya menyatakan sebuah kehormatan bertemu di Starbase dan mendiskusikan proyek masa depan yang menarik.

Sosok Low Profile di Balik Kesuksesan Nike sebagai Brand Olahraga Dunia

Inilah sosok low profile yang membangun Nike dari nol hingga memiliki 700 outlet serta mempekerjakan 44.000 orang yang tersebar di lebih dari 170 negara pada awal abad ke-21.

Right Issue Bank Aladin (BANK), Saham Dibuka Anjlok

Hasil right issue PT Bank Aladin Syariah Tbk (BANK) diperkirakan akan mengantongi Rp4 triliun.

Sepatu Jokowi saat Bertemu Elon Musk Jadi Sorotan Netizen Malaysia

Sepatu yang dikenakan Presiden Jokowi saat bertemu Elon Musk adalah buatan Bandung seharga Rp300.000.

Kritik Pertemuan Jokowi dan Elon Musk, Rocky: Hanya Sensasi dan Ilusi

Pengamat politik Rocky Gerung menyimpulkan pertemuan Presiden Jokowi dan Elon Musk hanya sebatas menciptakan sensasi dan ilusi karena substansinya tidak ada.

Ini Respons AHY soal Koalisi Indonesia Bersatu Golkar, PAN dan PPP

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan partainya tidak tergesa-gesa dalam menyikapi pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu.

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Solopos Hari Ini: Sinyal Batal Naik

Nilai keekonomian bahan bakar minyak (BBM) terus melambung. Meski demikian, belum ada tanda-tanda pemerintah memutuskan kenaikan harga BBM di dalam negeri, khususnya Pertalite dan solar.

Kata-kata Ucapan Hari Kebangkitan Nasional yang Diperingati 20 Mei

Berikut ini terdapat rekomendasi 10 kata-kata ucapan selamat Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati pada 20 Mei setiap tahunnya.

Sastra di Solo, Ekspor Serat Nanas, Lubang Hitam, dan Elektabilitas

Kota Solo pernah menjadi pesemaian sastra patriotik dan revolusioner. Yang dimaksud revolusioner adalah mendobrak penjajahan dari segala segi yang mungkin.

Kota Solo Pernah Jadi Pesemaian Sastra Patriotik dan Revolusioner

Kota Solo pernah menjadi pesemaian sastra patriotik dan revolusioner. Yang dimaksud revolusioner adalah mendobrak penjajahan dari segala segi yang mungkin.

7 Orang Meninggal, Ini Kronologi Kecelakaan di Jl. Purwasari Karawang

Polisi mengungkap kronologi kecelakaan maut yang menyebabkan tujuh orang meninggal di Jl. Raya Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Minggu (15/5/2022).

Kecelakaan Maut di Jl. Raya Purwasari Karawang, 7 Orang Meninggal

Sebanyak tujuh orang meninggal dunia dan sepuluh orang lainnya luka-luka dalam peristiwa kecelakaan di Jl. Raya Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (15/5/2022).

Beri Dukungan Airlangga Jadi Capres, Begini Penjelasan Ridwan Kamil

Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Ridwan Kamil yang berlangsung sekitar 30 menit itu juga diwarnai guyonan-guyonan.

Pengamat: Koalisi Golkar, PAN, dan PPP Tinggal Tentukan Capres-Cawapres

Qodari melihat ini adalah koalisi yang paling nyata hari ini menuju 2024 karena gabungan ketiga parpol sudah memenuhi syarat pencalonan Pilpres 2024 mendatang.

Terkait Pilpres, Ridwan Kamil Ungkap Dukungan untuk Airlangga

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menerima silaturahim Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (15/5/2022).