Permufakatan Yogyakarta untuk Koeksistensi Beragama dan Bertradisi

Mereka menggunakan preferensi pribadi – wilayah privat – yang kemudian dipaksa menjadi diskursus di ruang publik untuk memaksa orang lain mengikuti pendapat dan keyakinan mereka.

 Sejumlah warga menata makanan untuk sesaji saat mengikuti serangkaian acara budaya Jumadilawal Nyadran Gunung Raga Kusuma di Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (10/12/2021). Jumadilawal Nyadran Gunung Raga Kusuma yang diikuti oleh warga Silurah dengan rangkaian kegiatan budaya seperti ider-ider desa, potong kambing, selamatan, dan pentas ronggeng tersebut sebagai wujud melestarikan budaya Jawa. (Antara/Harviyan Perdana Putra)

SOLOPOS.COM - Sejumlah warga menata makanan untuk sesaji saat mengikuti serangkaian acara budaya Jumadilawal Nyadran Gunung Raga Kusuma di Desa Silurah, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (10/12/2021). Jumadilawal Nyadran Gunung Raga Kusuma yang diikuti oleh warga Silurah dengan rangkaian kegiatan budaya seperti ider-ider desa, potong kambing, selamatan, dan pentas ronggeng tersebut sebagai wujud melestarikan budaya Jawa. (Antara/Harviyan Perdana Putra)

Solopos.com, SOLO — Permufakatan Yogyakarta yang dirumuskan pada 3 November 2018 layak diaktualisasikan lagi untuk mewujudkan koeksistensi atau hidup bersama secara damai antara adat, tradisi, dan budaya dengan keyakinan beragama.

Permufakatan Yogyakarta menjadi relevan ketika dikaitkan dengan kabar tentang seseorang yang menendang sesaji di Gunung Semeru beberapa hari lalu. Peristiwa ini tak berbeda dengan kejadian pada 2018 ketika sekelompok orang merusak tempat dan sarana ”labuhan laut” di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terpopuler Hari Ini

Ini Aturan yang Bikin Tenaga Honorer Ketir-Ketir akan Nasib Mereka

Pemerintah mengeluarkan PP No 49/2018 tentang Manajemen PPPK yang mengatur penghapusan tenaga honorer.

Raja Majapahit — Bung Karno Cari Wangsit di Alas Ketonggo Ngawi

Alas Ketonggo di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, merupakan tempat keramat yang menjadi lokasi pertapaan Raden Wijaya dan Bung Karno.

Jembatan Dungluwak Sragen Amblek, 2 Pengendara Motor Jadi Korban

Jembatan Dungluwak di Desa Celep, Kedawung, Sragen amblek, Jumat (28/1/2022), pukul 02.30 WIB sehingga mengakibatkan dua orang pengendara motor menjadi korban.

Inikah Lokasi Gerbang Dunia Gaib Gunung Lawu di Alas Ketonggo Ngawi?

Watu Gede di Alas Ketonggo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, diyakini sebagai gerbang menuju ke alam gaib di kawasan Gunung Lawu.

Tenaga Honorer akan Dihapus, Jekek: Wonogiri Sebenarnya Masih Butuh

Bupati Joko Sutopo mengatakan peran tenaga honorer sangat membantu organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyelesaikan berbagai tugas.

Kantor J&T Cargo Masaran Sragen Dibobol Maling, Ini Nopol Motor Pelaku

Kantor J&T Cargo di Masaran, Sragen dibobol maling. Aksi pelaku terekam kamera CCTV.

Malang Digoyang Gempa Magnitudo 5,2

Pusat gempa berada di 445 kilometer di tenggara Kabupaten Malang dengan kedalaman 10 kilometer.

Presiden: ASN Terlalu Lama di Zona Nyaman

Zona nyaman ASN itu berakibat pada kurang produktifnya kinerja aparatur negara itu.

Waduh! Lansia Jepang Meninggal di Lokalisasi Sarkem Jogja, Kok Bisa?

Seorang lansia berdarah Jepang, TT, 62, dilaporkan meninggal di salah satu kafe di kompleks lokalisasi Pasar Kembang (Sarkem) Jogja pada Kamis (27/1/2022).

Ikatan Cinta 28 Januari 2022: Tau Ikbal Lakon Pemerkosaan, Irvan Sadar?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Jumat, 28 Januari 2022 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

2 Perempuan Diduga PSK Online Ditangkap di Solo, Salah Satunya ABG

Dua perempuan diduga pekerja seks komersial atau PSK online tertangkap bersama teman kencan mereka di salah satu rumah indekos kawasan Serengan, Solo.

Modus Baru Penipuan, Pura-Pura Ditabrak lalu Menuduh Korban Pencuri

Modus baru penipuan dengan menjadi korban tabrak lari dan menuduh korban sebagai pencuri menjadi perhatian banyak orang.

Baru 2 Tahun Dibangun, Sayap Jembatan Kedung Caluk Karanganyar Ambrol

Baru dua tahun dibangun, sayap Jembatan Kedung Caluk di Desa Kaliboto, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, ambrol.

Ini Detik-Detik 2 Pemotor Terperosok Jembatan Ambrol di Kedawung Sragen

Seorang pedagang sayur dan pengguna jalan terjungkal di Jembatan Dungluwak yang ambrol pada Jumat (28/1/2022) dini hari WIB.

Ini Lahan Bekas Pabrik Listrik Pertama di Kota Solo

Inilah lahan bekas pabrik listrik pertama di Kota Solo yang dibangun pada 1901 di bawah kendali Praja Mangkunegaran dan Keraton Solo.

Investor Yusuf Mansur Kirim Surat Terbuka kepada MUI, Ini Isinya

Alasan surat terbuka itu ditujukan ke MUI karena Yusuf Mansur selalu membawa nama agama di setiap investasi yang digalangnya.