SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com) – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo sedang menyiapkan peranti lunak atau software proposal pencairan Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS). Tujuannya untuk mempermudah proses pencairan BPMKS.

Kepala Disdikpora Solo, Rakhmat Sutomo, menargetkan peranti lunak tersebut sudah bisa digunakan pada pencairan BPMKS triwulan ketiga, Juli-September. “Semoga secepatnya bisa diaplikasikan,” jelasnya akhir pekan lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara itu Kasubag Bidang Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan, Disdikpora Solo, Sri Sutopo, menguraikan jika software tersebut sudah digunakan, proses pencairan akan lebih mudah dan sederhana. Hal ini juga akan memperkecil terjadinya kesalahan pada pengajuan proposal pencairan dan waktu yang dibutuhkan lebih singkat. “Setiap data siswa yang dimasukkan, otomatis akan masuk dalam semua komponen pencairan,” jelasnya. Jika software sudah siap, terangnya, Disdikpora akan segera melakukan pendidikan dan latihan (Diklat) ke sekolah-sekolah tentang teknik penggunaan peranti lunak tersebut.

Sutopo juga mengungkapkan BPMKS triwulan kedua, April-Juni, ditargetkan bisa cair pekan ini. Disdikpora Solo sudah menyerahkan semua berkas ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Solo. Selanjutnya DPPKAD melakukan verifikasi dan validasi. “Semoga pekan ini uang sudah ditransfer ke rekening setiap sekolah. Tapi hal ini tergantung DPPKAD,” ujarnya.

Pada triwulan kedua pencairan BPMKS, urainya, ada 47.846 penerima BPMKS Gold, 15.333 penerima BPMKS Silver dan 2.312 penerima BPMKS Platinum. Jumlah total uang yang dicairkan sebanyak Rp 5.401.813.500. Soal rencana Pemkot Solo yang akan memperluas penggunaan BPMKS, kata Sutopo, saat ini masih menunggu Peraturan Walikota (Perwali) yang belum ditandatangani oleh Walikota Solo, Joko Widodo. Karena belum ada penetapan Perwali tersebut, ujarnya, penggunaan BPMKS triwulan kedua masih menggunakan aturan lama.

Soal perubahan data penerima BPMKS karena saat ini baru saja tahun ajaran baru, imbuhnya, Disdikpora sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Bagi siswa yang masuk kategori alih jenjang, akan diproses kembali. Jika kartu sudah dicetak, diharapkan BPMKS siswa tersebut akan cair pada pertengahan September. “Oleh karena itu sekolah diminta melakukan pendataan siswa baru yang sebelumnya sudah memiliki kartu BPMKS,” ujarnya.

ewt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya