SOLOPOS.COM - Warga Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap dan Tagana Kulonprogo dan Sleman bergotong royong melebarkan jalan penghubung antar dusun, Jumat (22/11). (JIBI/Harian Jogja/Switzy Sabandar)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Jalan penghubung antardusun di Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kulonprogo diperlebar untuk mempermudah proses evakuasi jika terjadi bencana. Jalan setapak yang lebarnya tidak lebih dari satu meter tersebut dilebarkan menjadi 2,5 meter.

Rata-rata terdapat tiga titik akses jalan yang belum cukup memadai di sembilan dusun yang terdapat  di wilayah Kalirejo, antara lain di Dusun Plampang III, Papak, dan Sangon. Bahkan untuk menuju Dusun Sangon, kendaraan harus berputar sejauh 1,5 kilometer melalui jembatan Papak.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Kegiatan pelebaran jalan yang dilakukan masyarakat desa dengan Tagana Kulonprogo tersebut difasilitasi Dinas Sosial DIY melalui anggaran Dana Keistimewaan, Jumat (22/11/2013).

Ketua Forum Tagana Kulonprogo, Rachmat Haryadi, mengatakan, Tagana Kulonprogo menerjunkan 100 personel gabungan bersama tim Tagana Sleman yang dibagi dalam lima titik pekerjaan di lima dusun, antara lain, pelebaran jalan di Plampang III dan Sangon, pengerjaan cor blok jalan di Papak dan Kalibuko II, serta pembangunan bangket tebing kompleks pemakaman Joyokusumo di Sengir. “Pelebaran jalan ini dapat mempermudah akses mobil tangki untuk droping air bersih jika diperlukan masyarakat,” ujarnya.

Wilayah Kokap, termasuk Kalirejo, kata dia, cenderumg rawan bencana tanah longsor, terlebih sudah memasuki musim penghujan. Pelebaran jalan diharapkan menjadi langkah penanganan bencana sehingga evakuasi korban lebih cepat.

Kepala Desa Kalirejo, Lana, membenarkan, semua wilayah dusun di desanya termasuk dalam peta rawan bencana. Kontur wilayahnya berupa perbukitan dengan tebing-tebing yang berhadapan langsung dengan pemukiman warga. “Sebagian kompleks pemukiman warga belum tersentuh oleh akses jalan yang memadai,” imbuhnya.

Kepala Dusun Papak, Supriyanto, menambahkan, jalan setapak yang menghubungkan Sangon dan dusunnya sepanjang 73 meter itu kini dilebarkan menjadi 2,5 meter.”Akses jalan bagi warga menuju puskesmas pembantu Sangon dan sekolah dasar menjadi nyaman,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya