SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes pada seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). (Antara-Umarul Faruq)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Permintaan tambahan kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tidak dipenuhi.

Demikian diungkapkan Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Temanggung, Sri Haryanto. Menurutnya, bupati telah berkoordinasi dengan Kempan RB terkait kuota CPNS untuk Temanggung yang hanya 37 formasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Permintaan tambahan ternyata tidak disetujui dan hanya bisa menerima keputusan dari Kemenpan RB. Sudah tidak bisa ditambah lagi, untuk penerimaan CPNS tahun ini hanya 37 saja, karena sudah putusan final," jelasnya di Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (20/11/2019).

Usulan formasi CPNS untuk Temanggung, menurut dia sudah melalui e-formasi. Kemungkinan saat verifikasi akhir, sistem mengalami kendala atau permasalahan sehingga yang masuk dalam sistem hanya 37 posisi.

"Berdasarkan pengalaman ini untuk tahun 2020 atau tahun-tahun mendatang akan lebih dicermati lagi," lanjutnya.

Dari 37 posisi dalam formasi CPNS Temanggung tidak ada formasi untuk guru dan tenaga kesehatan. Ke-37 formasi itu hanya untuk tenaga teknis saja.

Senada, Kepala Bidang Admintrasi Pegawai Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Temanggung Tulus Mardiono juga mengakui adanya permasalahan data di Kemenpen RB. Alhasil, untuk pemerintah Kabupaten Temanggung hanya disetujui 37 posisi.

Ia mengatakan pada tahun 2019 ini, Kabupaten Temanggung mengajukan formasi untuk 426 posisi CPNS kepada Kemenpan RB. Nyatanya, surat edaran Kemenpan RB No. 577/2019, formasi penerimaan CPNS untuk Kabupaten Temanggung hanya 37 posisi.

"Kami memang sempat kaget, karena antara jumlah yang diusulkan dan yang muncul di surat itu jumlahnya turun banyak sekali," ujarnya.

Setelah dilakukan penelusuran, tambahnya, Kemenpan RB selama ini tidak pernah menerima usulan 426 posisi. Di kementrian, menurutnya, hanya terbaca 37 posisi, sementara 389 formasi lainnya tidak terbaca.

Dengan mentoknya ikhtiar Pemkan Temanggung itu maka pendaftaran CPNS Temanggung tetap dibuka sesuai mekanisme seperti daerah lainnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya