SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Dua minggu selepas Lebaran, harga daging sapi dan ayam di Kulonprogo kembali normal. Harga daging sapi saat ini dijual Rp65.000 per kilogram dan daging ayam dibanderol Rp22.000 per kilogram.

Lilik Kusnaini, penjual daging sapi di Pasar Wates menjelaskan, harga normal daging sapi adalah Rp62.000 per kg. Namun saat ini, tambah Lilik, harga per kilo masih dijual Rp65.000. “Sebelumnya, harga daging sapi dijual Rp70.000 per kilo. Sekarang mulai turun, tapi belum ke harga normal,” jelasnya kepada Harian Jogja, Senin (12/9).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Disinggung soal permintaan pasar, Lilik menyatakan selama Labaran sampai saat ini permintaan dinilai wajar alias tidak mengalami lonjakan. Dalam sehari, rata-rata dia bisa menghabiskan sampai satu kuintal daging. “Harga normalnya tidak bisa saya pastikan. Tapi harganya cenderung turun kok,” tukas Lilik.

Setali tiga uang, harga daging ayam di tingkat pedagang Pasar Wates, pun beranjak normal. Saat ini, harga per kilogram daging ayam dijual antara Rp22.000 sampai Rp21.000. Padahal, seminggu setelah Lebaran harganya mencapai Rp 27.000 perkg. “Turunnya belum lama kok. Tapi sudah mulai normal,” jelas Yulianti pedagang daging ayam di Pasar Wates.

Selama Lebaran, rata-rata pedagang dagng ayam mampu melayani permintaan pasar hingga 150 kilogram per hari. Namun, menurut dia, pada hari-hari normal rata-rata pedagang hanya melayani permintaan 80 kilogram.(Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya