SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA- Sejumlah produsen jajanan khas Bakpia di Kampung Pathuk, Kota Jogja mengalami lonjakan permintaan secara signifikan pada libur Hari Raya Nyepi 2014, dibanding hari biasa.

Produsen Bakpia “543”, Sumiyati mengatakan telah mengalami peningkatan permintaan mulai libur akhir pekan pada Sabtu (29/3/2014).

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

“Pada hari biasa, penjualan hanya mencapai 100 hingga 200 kotak per hari. Sementara mulai Sabtu hingga hari ini rata-rata mencapai 500 kotak per hari,” kata pemilik pabrik bakpia di Jalan Sanggrahan, Pathuk, Kota Jogja ini.

Kendati mengalami peningkatan penjualan, dirinya tidak menambah jumlah karyawan. Namun terdapat penambahan jam kerja 2 sampai 3 jam per hari.

“Kalau biasanya mereka (karyawan) selesai kerja pukul 15.00 WIB, sekarang mereka harus pulang sampai pukul 17.00 WIB,” katanya.

Menurut Sumiyati, sasaran penjualan bakpia miliknya hingga saat ini hanya berfokus pada pelanggan lokal Jogja serta rombongan wisatawan dari luar daerah yang mengunjungi Kampung Pathuk sebagai sentra pembuatan bakpia di Jogja.

Sementara itu, karena harga bahan baku pembuatan bakpia tidak mengalami kenaikan, hingga saat ini ia tetap menjual produksi bakpia dengan harga normal, yakni Rp17.000 per kotak.

“Kacang hijau, tepung terigu, serta gula pasir tidak ada kenaikan, sehingga kami tetap mematok dengan harga lama,” katanya.

Ia optimistis bulan ini akan mengalami peningkatan omzet dari biasanya yang rata-rata mencapai Rp50 – Rp60 juta per bulan.

Produsen bakpia di Kampung Patuk lainnya, Wahyu juga mengaku mengalami peningkatan permintaan. Pemilik Bakpia “694” ini memproduksi bakpia mencapai 1.000 kotak per hari mulai Sabtu. Hal itu meningkat tajam dari biasanya yang hanya memproduksi 200 kotak per hari. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya