SOLOPOS.COM - Salah satu sudut permakaman elite Sandiego Hills di Jawa Barat (sandiegohills.com)

Solopos.com, SOLO– Permakaman elite saat ini menjadi pilihan sebagian masyarakat yang ingin mempersiapkan lahan permakanan sejak dini. Seperti namanya, permakaman elite biasanya dipilih oleh kalangan masyarakat dengan ekonomi mapan. Permakaman elite memiliki harga yang fantastis mulai dari puluhan juta rupiah hingga miliaran rupiah.

Tak hanya itu, permakaman ini juga membutuhkan biaya perawatan dan biaya penunjang lainnya yang juga mahal. Berikut sejumlah permakaman elite dengan harga fantastis seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/3/2020).

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

1. San Diego Hills Memorial Parks

San Diego Hills menjadi tempat peristirahatan sejumlah tokoh ternama, pengusaha, hingga selebritas. Aktor suami penyanyi Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair yang baru-baru ini meninggal dunia juga dimakamkan di sana.

Dikutip dari sandiegohills.co.id, permakaman mewah yang berada di Lippo Karawaci, Karawang, Jawa Barat ini memiliki luas sekitar 350 hektare (ha). San Diego Hills memiliki fasilitas seperti taman permakaman, danau seluas 8 hektare (ha), pusat rekreasi keluarga, foodmart, forestcapel, Mushala, jogging track, kolam renang, florist & gift shop, hingga gedung serba guna berkapasitas 250 orang.

Ekspedisi Mudik 2024

Ada beberapa tipe yang ditawarkan di pemakaman San Diego Hills mulai dari single, semi private, hingga private. Harga yang ditawarkan untuk beragam tipe ini bervariasi mulai dari Rp63,5 juta hingga Rp700 juta. Biaya tersebut hanya termasuk pembelian lahan dan perawatannya. Jika makam tersebut mau digunakan, maka ada biaya yang harus ditanggung berupa kebutuhan gali makam, hingga bunga tabur.

2. Al Azhar Memorial Garden

Kompleks permakaman elite ini bernaung dibawah Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar. Permakaman ini berlokasi di kawasan industri Karawang Timur, hampir berdekatan dengan San Diego Hills. Permakaman ini diperuntukan bagi orang Islam dan ingin dimakamkan secara syariah. Dikutip dari situs resmi Al Azhar, TPU ini memiliki luas 25 ha ha dan bisa menampung sedikitnya 29.000 jenazah.

Kompleks yang diklaim sebagai area permakaman khusus muslim satu-satunya di Indonesia ini terdiri atas 30.000 unit kavling peemakaman, rest area, taman, dan masjid untuk pengurusan jenazah. Dikutip dari laman resminya, harga TPU Al Azhar bervariasi mulai dari Rp38,8 juta hingga Rp827,8 juta.

Penampakan Rumah Pria Dengan 4 Istri & 16 Selingkuhan: Harganya Rp190 Miliar

3. Taman Memorial Graha Sentosa

Graha Sentosa Memorial Park didirikan pada 2003 dan berdiri di bawah korporasi induk Artha Graha. Dibangun di lahan seluas 50 ha, permakaman ini juga didukung dengan fasilitas terpadu, seperti paviliun dengan kapasitas hingga 200 orang, danau yang asri. Permakaman ini juga dilengkapi walkway yang luas untuk kemudahan berziarah dan adanya pemeliharaan spiritual.

Pemakaman elegan yang terletak di Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat ini memiliki konsep penataan tanah makam yang indah dan rapi serta dikelola oleh manajemen yang profesional dalam memberikan pelayanan kedukaan yang berkualitas.

4. Heaven Memorial Park

Heaven Memorial Park merupakan taman permakaman yang didirikan sejak 2002 oleh Yayasan Naga Sakti. Permakaman elite yang terletak di daerah Bogor, Jawa Barat ini dikhususkan bagi etnis Tionghoa. Dikutip dari laman resminya, Heaven Memorial Park memiliki luas lahan sebesar 120 hektare yang terdiri atas dua paket, single dan double.

5. Taman Makam Quilling

Berada di kawasan yang sama dengan Heaven Memorial Park yakni di Jonggol, Bogor, Jawa Barat, rupanya Taman Makam Quiling ini juga didirikan oleh Suwito Muliadi, pendiri Yayasan Naga Sakti. Pemakaman ini juga dikhususkan untuk kalangan Tionghoa.

Luas lahan pemakaman ini kurang lebih 120 hektare. Mengandalkan indahnya pemandangan yang sama seperti daerah Quiling, Tiongkok, banyak orang ingin mengabadikan foto di sini. Kabarnya, permakaman ini sempat jadi salah satu yang termewah di Asia. Harga tanah di permakaman ini berkisar antara Rp2,5 juta hingga Rp1 miliar per meter persegi.

Ridwan Kamil: Jawa Barat Siaga I Virus Corona

6. Mount Carmel Memorial Park

Permakaman ini diklaim merupakan taman permakaman modern pertama dan terbesar di Jawa Tengah. Mount Carmel luasnya 100 hektare dan dikembangkan oleh PT Pagoda Karya Abadi dan merupakan anggota dari International Cemetery Crematorium and Funeral Assosiation (ICCFA) yang berpusat di Virginia, Amerika Serikat.

Mount Carmel Memorial Park dikelola dengan sistem modern yang menempati lokasi strategis di perbukitan pada gunung Ungaran, tepatnya Dusun Jatirejo, Desa Kawengen, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Permakaman elite ini memberikan pelayanan perawatan, kebersihan dan keamanan secara pasti yang diwujudkan oleh konsumen hanya cukup membayar satu kali Dana Abadi untuk dana perawatan makam dan seluruh sarana, prasarana dan keamanan untuk selama-lamanya.

Tarif terendah di permakamanan ini senilai seharga Rp 52 juta dengan luas 1,6 meter x 4,5 meter. Sedangkan, untuk tarif termahal dibanderol dengan harga mencapai Rp2,8 miliar.

7. Nirwana Memorial Park

Nirwana Memorial Park diresmikan pada Juli 2011 di bawah naungan Boedi Sampoerna, tokoh perusahaan PT HM Sampoerna Tbk. Kompleks permakaman ini terletak di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur dengan luas 60 hektare. Nirwana Memorial Park dibangun di lokasi yang cukup tinggi, dengan pemandangan indah dan udara yang sejuk (Bunga Oktavia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya