Tutup Iklan
Ilustrasi bra. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Sebagian wanita memperingati No Bra Day setiap 13 Oktober. Pada hari itu, wanita bebas tidak memakai bra seharian. Tetapi selama ini diskusi masalah penggunaan bra masih menimbulkan pro-kontra.

Ada sebagian orang menganggap wanita yang tidak mengenakan bra kurang sopan. Namun, mereka yang tidak mengenakan bra beralasan melakukan hal itu demi kesehatan payudara. Terkait kesehatan payudara, manakah yang lebih baik, memakai bra atau tidak?

Dikutip dari Times of India, Minggu (13/10/2019), studi tentang manfaat pemakaian bra bagi kesehatan belum banyak dilakukan. Seorang perawat spesialis kesehatan wanita, Patricia Geraghty, mengatakan, bra sebetulnya tidak terlalu bermanfaat bagi kesehatan. Namun, tidak memakai bra juga tidak akan mengganggu kesehatan.

Bra dipakai karena ketakutan payudara melorot dan tidak kencang. Dengan kata lain, bra sebenarnya dipakai untuk mempertahankan keindahan bentuk payudara.

Cemburu, Suami LC Karaoke di Solo Tusuk Pelanggan Istrinya

Tetapi, menurut Patricia Geraghty dan beberapa pakar kesehatan lainnya, payudara melorot tidak dipengaruhi kebiasaan memakai bra. Melainkan bergantung pada jumlah kehamilan.

Dikutip dari Lifehack, hasil penelitian yang dilakukan Jean Denis Rouillon dari Centre Hospitalier Universitaire de Besancon di Prancis selama 15 tahun menyimpulkan bra sebenarnya tidak bermanfaat, malah menimbulkan bahaya.

Instagram Bikin Fitur Rekomendasi Unfollow

Hasil penelitian yang dilakukan terhadai 300 wanita berusia 18-35 tahun yang tidak memakai bra justru menunjukkan hasil mengejutkan.

Jaringan otot dada mereka secara alami menyokong payudara.

Tips Sukses Lolos Seleksi Penerimaan CPNS

Sementara penggunaan bra justru membatasi pertumbuhan jaringan penyokong tersebut. Alhasil, Jean Denis Rouillon percaya memakai bra justru membuat payudara cepat melorot.

“Tidak mengenakan bra sebenarnya melindungi payudara dari gravitasi. Ini juga memaksa tubuh untuk mengembangkan otot-otot yang terletak di bawah payudara, yang membantu menopang dan mengangkat payudara,” terang dia.

Kentut Semakin Bau, Tubuh Kian Sehat

Lantas, apakah berarti wanita harus berhenti memakai bra?

Menurut Jean Denis Rouillon, wanita yang sudah memakai bra selama 10 tahun tidak perlu menghentikan kebiasaan itu. Sebab, hal itu tidak akan memberikan manfaat apapun.

Catat! Ini Doa Pembuka Rezeki Setiap Hari

Dikutip dari Bellatory, bra berfungsi membagi sebagian berat payudara ke bahu dan pinggang.

Saat bra dipasang dengan benar, sekitar 80 persen berat payudara ditampung tali dan sisanya oleh bahu.

Besar Manfaatnya! Ini Doa Sebelum, Saat, & Usai Berhubungan Intim

Selain itu, bra berfungsi menyembunyikan puting, membuat payudara terlihat lebih indah, serta mengontrol keringat di bawah payudara.

Bra juga bisa mencegah sakit punggung serta masalah tulang belakang pada wanita.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten