Kategori: Leisure

Perlukah Vaksinasi Untuk Ibu Hamil dan Lansia?


Solopos.com/Nugroho Meidinata

Solopos.com, SOLO -- Banyak pertanyaan yang muncul di masyarakat mengenai vaksinasi untuk ibu hamil dan lansia, apakah boleh dilakukan?

Menjawab hal tersebut, vaksinolog yang juga dokter spesialis dalam, Dirga Sakti Rambe mengatakan ibu hamil sangat penting untuk menerima vaksin.

Ajukan Lamaran Kerja, Orang Ini Cetak CV di Mobil

“Ibu hamil boleh bahkan sangat penting menerima vaksinasi. Kita tahu bahwa banyak penyakit infeksi yang bila terjadi pada masa kehamilan, dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin dan dapat mempengaruhi kondisi kehamilan secara langsung," kata dia dalam rilis yang diterima Solopos.com pada Senin (21/12/2020).

Lebih lanjut, ia menjelaskan juga pentingnya vaksinasi untuk ibu hamil. Misalnya, jika ibu hamil terkena influenza ternyata bisa berpotensi mengalami kelahiran prematur.

Ternyata Ada Doa Biar Terhindar dari Virus Corona, Ini Bunyinya

Oleh karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyarankan agar ibu hamil mendapatkan vaksin influenza, juga ada beberapa vaksin lainnya yang penting.

“Namun, perlu diingat bahwa ibu hamil tidak boleh mendapatkan vaksin hidup. Misalnya, vaksin MMR; vaksin campak; vaksin cacar air, itu harus ditunda hingga kehamilannya selesai," terangnya.

Gagal Jantung, Influencer Anoreksia Meninggal di Pelukan Temannya

Vaksinasi untuk Lansia

Sama halnya dengan ibu hamil, vaksinasi untuk lansia juga sangat perlu dilakukan. Hal ini mengingat orang yang sudah lanjut usia mengalami penurunan sistem imunitas tubuh.

"Pada orang lansia terjadi penurunan sistem imunitas akibat proses penuaan. Oleh karena itu, lansia termasuk kelompok yang sangat rentan untuk mengalami penyakit infeksi sehingga ada beberapa rekomendasi khusus vaksinasi pada lansia," ungkap dia.

Ini Syarat Naik Transportasi Darat, Laut, Udara, dan Kereta Api saat Pandemi

Ia menjelaskan beberapa jenis vaksin yang bisa diperoleh lansia. Di antaranya vaksin pneumonia untuk mencegah radang paru yang dapat mematikan bagi lansia. Dan juga vaksin influenza juga penting diberikan untuk lansia karena pada lansia dapat berkomplikasi menjadi radang paru yang berat.

Kemudian, lansia juga perlu vaksin herpes zoster atau cacar ular. "Selain itu, masih ada beberapa vaksin lain yang Anda dapat lihat pada rekomendasi vaksinasi dewasa," tutup dia.

Khawatir Covid-19, Siswa Ini Pakai Hazmat Saat Ujian Akhir Sekolah

Share
Dipublikasikan oleh
Nugroho Meidinata