SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Mengonsumsi suplemen vitamin merupakan salah satu cara yang dipercaya memperkuat sistem kekebalan tubuh. Suplemen memang biasa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, apakah suplemen tersebut boleh diminum setiap hari?

Mengutip Huffington Post, Jumat (8/2/2019), suplemen dan vitamin merupakan dua hal yang berbeda. Ahli penyakit dalam dari Mercy Medical Center, Marc Leavey, mendeskripsikan vitamin sebagai zat yang mempercepat reaksi biokimia di dalam tubuh. Vitamin biasanya cukup didapatkan dari makanan yang dikonsumsi.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Sementara suplemen merupakan pil yang mengandung vitamin dan mineral tertentu. Vitamin dan mineral sangat penting untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Mineral seperti potasium membantu menstabilkan tekanan darah.

Meski bermanfaat, suplemen sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari. Vitamin dan mineral sebenarnya bisa diperolah dari makanan bernutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Minum suplemen hanya disarankan saat tubuh kekurangan gizi.

Sebelum mengonsumsi suplemen vitamin, ada baiknya Anda memperbaiki pola makan. Jika tubuh masih terasa kurang fit, maka mintalah saran kepada dokter sebelum mengonsumsi vitamin. Sebab, suplemen tidak boleh dikonsumsi terus-menerus karena tidak bisa disimpan lama dalam tubuh.

Jika Anda rutin mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak, garam, serta gula namun tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan, maka tidak perlu mengonsumsi suplemen apapun. Suplemen semestinya dikonsumsi oleh ibu hamil, orang lanjut usia, pelaku diet, wanita yang sedang haid, serta orang yang mengalami diare. Perlu diingat, suplemen itu sebaiknya dikonsumsi setelah makan agar lebih cepat diserap tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya